PENGEMBANGAN UMKM: Media Sosial Jadi Platform Perluasan Pasar

Bisnis.com,26 Jul 2017, 17:49 WIB
Penulis: Anissa Margrit
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA— Media sosial dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai platform dalam memperluas pangsa pasar.

Product Marketing Director Instagram Susan Rose mengatakan jumlah pengguna Instagram aktif di Indonesia saat ini sudah mencapai 45 juta orang. Angka itu meningkat lebih dari dua kali lipat posisi awal 2016 yang masih 22 juta orang.

Data itu membuat Indonesia berada di urutan pertama komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik dan salah satu pasar terbesar dunia. Negara-negara yang paling sering menggunakan profil bisnis selain Indonesia adalah AS, Brazil, Rusia, dan Inggris.

Adapun jumlah total pengguna aktif media sosial tersebut tercatat sebesar 700 juta setiap bulannya.

“Sebanyak 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis dan sepertiga dari konten Instagram Story yang paling banyak dilihat adalah konten dari akun-akun bisnis,” papar dia dalam diskusi media Peran Instagram dalam Pengembangan UMKM di Indonesia, Rabu (26/7).

Dari 700 juta pengguna itu, sekitar 8 juta di antaranya merupakan akun bisnis termasuk yang berada dalam kategori UMKM. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1 juta adalah akun bisnis yang terbilang aktif dan sebagian besar berasal dari Indonesia.

Meski demikian, Rose menyatakan tidak tertutup kemungkinan jumlah akun bisnis yang menggunakan Instagram jauh lebih besar dari yang tercatat. Pasalnya, data tersebut hanya mencakup akun bisnis yang telah menggunakan layanan iklan khusus dari Instagram.

Hal ini diklaim membuktikan peran media sosial tersebut sebagai wadah yang mendukung pertumbuhan berbagai bisnis lokal, termasuk UMKM di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia dan Asia Pasifik senang belanja, sehingga Instagram jadi platform yang tepat untuk memasarkan bisnis,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini