BNI Keluarkan e-Port untuk Pelindo III

Bisnis.com,03 Agt 2017, 05:47 WIB
Penulis: Dini Hariyanti
Suasana pelabuhan Tenau yang dikelola PT Pelindo III, di Kupang, NTT, Senin (17 /7)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. bekerja sama dengan Pelindo III menerbitkan kartu uang elektronik khusus untuk melayani transaksi di pelabuhan untuk wilayah Semarang dan sekitarnya dengan nama e-Port.

Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati mengatakan, kartu uang elektronik tersebut rencananya akan diperluas ke beberapa kawasan di Indonesia timur.

Penerapan e-Port merupakan salah satu sistem pembayaran terintegrasi (Integrated Payment System) yang dibangun BNI untuk Pelindo III. Ini merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN yang dapat membantu pengembangan bisnis kedua perusahaan.

“BNI turut membangun Integrated Payment System di Pelindo III yang merupakan solusi cash management kami yang meliputi Billing System, Autocollection, dan E-Port TapCash,” ujar Adi dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (2/8/2017).

E-port dapat digunakan untuk berbagai pembayaran seperti di gate masuk pelabuhan, pembelian tiket, pembayaran krantina, gudang, hingga transaksi di merchants. e-Port merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Bank Indonesia (BI) yang menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

e-Port merupakan uang elektronik dalam bentuk kartu yang dikhususkan bagi para pengguna jasa kepelabuhanan yang ada di lingkungan Pelindo III. Kartu ini dapat dipergunakan sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas para pengguna Jasa Kepelabuhanan di lingkungan Pelindo III antara lain seperti penggunaan di gerbang masuk pelabuhan, transaksi di tenant-tenant di pelabuhan, pembelian tiket transportasi, dan alat identifikasi bagi pengguna truk.

Ke depan beberapa pelabuhan yang juga akan menjadi lokasi penggunaan Kartu TapCash e-Port adalah Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kerja sama BNI dengan Pelindo III ini merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukan kedua perusahaan dalam Integrated Billing System, yaitu pengelolaan layanan kapal dan layanan bongkar muat barang dengan satu sistem yang terintegrasi.

“Kami berharap BNI dapat terus berperan aktif di dalam sistem operasional pembayaran jasa-jasa pelabuhan dengan memberikan kemudahan channel pembayaran,” kata Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini