Apple Akan Rilis Jam Pintar Berkoneksi Seluler

Bisnis.com,07 Agt 2017, 13:25 WIB
Penulis: Agne Yasa
Apple Watch 2/gsmarena

Bisnis.com, JAKARTA -- Apple Inc. berencana merilis versi smartwatch akhir tahun ini yang dapat terhubung langsung ke jaringan seluler, seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (6/8).

Adapun hal ini menjadi langkah yang dirancang untuk mengurangi ketergantungan perangkat pada iPhone, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Saat ini, Apple memerlukan smartwatch untuk dihubungkan secara nirkabel ke iPhone untuk mengalirkan musik, mendownload petunjuk arah di peta, dan mengirim pesan saat dalam perjalanan.

Dilengkapi dengan chip LTE, setidaknya beberapa model Apple Watch baru, yang direncanakan rilis pada akhir tahun, akan dapat melakukan banyak tugas tanpa iPhone dalam jangkauan, kata sumber.

Misalnya, pengguna bisa mendownload lagu baru dan menggunakan aplikasi dan meninggalkan ponsel cerdas mereka di rumah.

Intel Corp. akan memasok modem LTE untuk jam pintar (Watch) yang baru, menurut orang lain yang mengetahui situasinya. Itu adalah kemenangan besar bagi pembuat chip, yang telah mencoba bertahun-tahun untuk mendapatkan komponennya ke perangkat mobile Apple lainnya.

Qualcomm Inc. telah menjadi pemasok modem utama untuk iPhone dan gadget mobile Apple lainnya, namun kedua perusahaan tersebut terlibat dalam perselisihan hukum yang pahit. Apple menambahkan Intel sebagai pemasok modem untuk beberapa iPhone tahun lalu.

Sumber juga menambahkan Apple sudah melakukan pembicaraan dengan operator di Amerika Serikat dan Eropa tentang menawarkan versi seluler. Operator yang mendukung LTE Apple Watch, setidaknya saat diluncurkan, mungkin merupakan subset terbatas dari mereka yang membawa iPhone.

Namun, AT & T Inc., Verizon Communications Inc., Sprint Corp. dan T-Mobile US Inc. di Amerika Serikat berencana menjual perangkat tersebut, menurut sumber lain yang mengetahui masalah ini.

Perangkat baru ini masih bisa ditunda di luar 2017 memang, perusahaan tersebut sudah menunda smartwatch berkemampuan seluler tahun lalu. Apple, Intel dan operator menolak berkomentar.

Sementara Apple Watch tetap merupakan bagian kecil dari keseluruhan pendapatan Apple, Chief Executive Officer Tim Cook mengatakan awal pekan ini adalah di mana smartwatch terlaris dengan selisih yang sangat luas.

"Penjualan perangkat tumbuh lebih dari 50 persen pada kuartal ketiga," kata Cook.

Dalam kategori wearable yang lebih besar, yang mencakup band kebugaran yang lebih murah, Apple menempati urutan ketiga di belakang Xiaomi Corp. dan Fitbit Inc., menurut firma riset Strategy Analytics. Apple tidak mengeluarkan nomor penjualan untuk Watch seperti pada iPhone, iPad, dan Mac.

Membuat Apple Watch lebih dari perangkat mandiri dapat meningkatkan penjualan produk.

"Ini akan menjadi game changer. Jika mereka bisa memberikan pengalaman yang tidak ditambatkan ke iPhone, itu bisa menendang memulai arahan baru untuk bisnis ini," kata Gene Munster, salah satu pendiri Loup Ventures dan analis Apple.

Meski begitu, dia khawatir dengan masa pakai baterai di perangkat seperti itu.

Tahun lalu, Apple mengambil langkah menuju pembuatan perangkat Apple Watch yang lebih mandiri dengan menjual beberapa model baru dengan chip GPS. Ini memungkinkan perangkat melacak jarak yang ditempuh dengan tepat oleh pemakainya saat mereka membiarkan iPhones mereka ketika berjalan atau berlari.

Perusahaan telah merencanakan untuk merilis model berkemampuan LTE tahun lalu, namun memilih untuk menunda masa pakai baterai, Bloomberg News melaporkan saat itu.

Menjejalkan radio LTE ke perangkat sekecil jam tangan tetap menjadi tantangan, namun Apple telah mengeksplorasi cara untuk memperbaiki masa pakai baterai, orang-orang yang mengetahui karya perusahaan tersebut mengatakannya.

Selain menambahkan chip seluler ke Apple Watch, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini merencanakan perubahan perangkat lunak untuk perangkat tersebut. WatchOS 4 akan datang pada musim gugur dengan lebih banyak fitur suara Siri, kemampuan untuk terhubung ke peralatan olahraga, mengirim pembayaran ke iMessage dan menampilkan berita, kata Apple pada bulan Juni di Worldwide Developers Conference.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini
'