HUT RI, KAI Gratiskan Tiket Kereta Berikut Ini

Bisnis.com,15 Agt 2017, 13:46 WIB
Penulis: Yudi Supriyanto
KRL melintas di lokasi pembangunan stasiun Sudirman Baru yang merupakan jalur kereta bandara di Jakarta, Senin (10/4)./Antara-Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket perjalanan kereta api lokal di Jawa dan Sumatera serta Kereta Rel Listrik Commuter Line pada 17 Agustus 2017.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya menggratiskan 33 kereta api lokal atau sekitar 199 perjalanan kereta api dan 918 perjalanan KRL Commuter Line pada hari kemerdekaan.

Secara keseluruhan, paparnya perusahaan menyediakan kapasitas mencapai 1.216.349 orang dengan perincian 150.827 penumpang untuk KA lokal dan 1.065.522 penumpang untuk KRL Commuter Line.

"17 Agustus 2017, PT KAI akan menggratiskan tiket KA lokal dan komuter, dalam rangka hari ulang tahun RI ke-72, dan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat kepada angkutan massal berbasis rel ini ka lokal jawa sumatra semua rute khusus penjualan dan keberangkatan pada Kamis saat HUT dirayakan," kata Edi, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Dia menjelaskan, masyarakat yang ingin menggunakan KA lokal secara gratis pada 17 Agustus 2017 bisa mendapatkan tiket gratis secara go show atau langsung membeli pada hari itu di loket penjualan langsung yang berada di stasiun keberangkatan.

Sementara itu bagi masyarakat yang telah membeli tiket KA lokal pada H-30 untuk keberangkatan 17 Agustus 2017 dengan tarif normal bisa melakukan refund termasuk dengan bea pesan di stasiun kedatangan dengan menyerahkan bukti tiket atau boarding pass KA lokal.

Proses refund, ungkapnya dapat dilakukan pada 17-18 Agustus 2017 pukul 18.00 WIB di loket stasiun kedatangan.

Dalam mengangkut penumpang, dia mengingatkan pihaknya akan mengangkut penumpang sesuai dengan batas kapasitas maksium yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. 8/2011 tentang Angkutan Kereta Api.

Pasal 10 beleid tersebut, kapasitas maksimum yang dapat diangkut adalah 150% dari Okupansi.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat Yang Melaksanakan Tugas (PYMT) Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia Bambang Eko Martono mengatakan, pihaknya telah menutup pembelian tiket KA lokal pada H-7.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya memastikan tidak ada pemesanan tiket KA lokal pada H-7 untuk keberangkatan 17 Agustus 2017. Sehingga, paparnya semua tiket pada hari H Kemerdekaan RI dibeli go show semua.

Terkait dengan tiket KRL Commuter Line, dia mengungkapkan yang digratiskan adalah biaya perjalannya.
Oleh karena itu, lanjutnya segala peraturan yang ada seperti saldo minimum dan biaya jaminan pada tiket harian berjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini