Berprospek Cerah, JD.com Suntik Go-Jek

Bisnis.com,26 Agt 2017, 01:20 WIB
Penulis: David Eka Issetiabudi
Gojek/Reuters-Beawiharta

Kabar24.com, HONG KONG - JD.com Inc dikabarkan telah menanamkan investasi di Go-Jek, sebagai bagian ekspansi bisnis perusahaan e-commerce terbesar kedua China untuk ikut berperan dalam pertumbuhan layanan berbasis mobile di Asia Tenggara.

Salah satu sumber menyebutkan investor Go-Jek sebelumnya, seperti perusahaan ekuitas swasta global KKR and Co dan Walburg LLC serta Sequoia Capital telah mengumpulkan sekitar US$100 juta dari JD.com.

Seperti dilansir Reuters, Go-Jek telah megumpulkan dana hingga US$1 miliar dari investor lama dan baru dalam putaran pendanaan terbarunya dan memiliki pre-money valuation berkisar US$2,5 miliar.

Sayangnya, baik Go-Jek maupun JD.com menolak berkomentar terkait dengan rencana pembiayaan tersebut.

Saat ini, Indonesia merupakan negara terbesar tempat JD.com berinvestasi di luar China, termasuk yang mencakup platform e-commerce dan startup perjalanan Traveloka.

Investasi JD.com di Go-Jek mengikuti perusahaan hiburan onlen China, Tencent Holdings Ltd, yang juga merupakan investor di JD.com. Setidaknya, hingga bulan lalu, Tescent telah berinvestasi sekitar US$100 juta - US$150 juta di Go-Jek.

Beberapa sumber juga menyebutkan Tescent sedang dalam pembicaraan dengan Go-Jek untuk langkah investasi lebih lanjut. Sejauh ini, aplikasi Go-Jek telah diunduh lebih dari 40 juta di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini