Saham Produsen Komponen Apple Merosot, Indeks Stoxx Melemah di Awal Dagang

Bisnis.com,13 Sep 2017, 15:49 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Indeks Stoxx 600/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa melemah pada awal perdagangan hari ini, Rabu (13/9/2017) karena reli bursa global menunjukkan tanda-tanda mereda.

Sementara itu, produsen komponen untuk Apple tertekan setelah rilis iPhone baru mengecewakan pasar karena tanggal pengiriman yang lebih lambat dari perkiraan.

Indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,38% atau 1,44 poin ke level 379,98 setelah dibuka turun 0,11% di posisi 381. Adapun pada perdagangan kemarin, Selasa (12/9), indeks Stoxx ditutup menguat 0,52% atau 1,99 poin ke posisi 381,42.

Seperti dilansir Reuters, produsen chip yang memasok ke Apple termasuk di antara penekan utama indeks Stoxx, dengan saham AMS turun 3,2%, sementara saja, Dialog Semiconductor tergelincir 1,7% dan STMicro turun 1,1%.

Pelaku pasar mengatakan mengatakan bahwa saham mereka mendapat tekanan karena pengiriman iPhone X terbaru milik Apple dijadwalkan  pada 3 November mendatang, meleset jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.

Produsen kacamata dan lensa kacamata Luxottica dan Essilor juga termasuk di antara penekan terbesar pada indeks setelah melemah 1,9% hingga 2,1%.

Regulator antimonopoli Uni Eropa akan mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap perusahaan mengenai aksi merger pekan ini.

Di sisi lain, saham Covestro menjadi penahan pelemahan indeks dengan penguatan 1,5% setelah produsen obat-obatan dan pestisida Jerman, Bayer, melepas kepemilikan 9,4% saham di perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini