Ignasius Jonan Akan Batasi Proyek PLTU di Jawa

Bisnis.com,26 Sep 2017, 13:06 WIB
Penulis: Lucky Leonard
Kapal nelayan melintas di depan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih, di Padang, Sumatra Barat, Minggu (23/7)./ANTARA -Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan akan membatasi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pulau Jawa.

Menurutnya, PLTU yang telah dan telah direncanakan di Jawa sudah banyak. Oleh karena itu, pembangunannya perlu diarahkan ke pulau-pulau lain.

"Kita bikin supaya di Jawa tidak nambah PLTU lagi karena populasi PLTU-nya paling banyak," ujarnya dalam pembukaan Pertambangan & Energi Expo 2017, Selasa (26/9/2017).

Jonan menuturkan ke depan pembangunan PLTU akan banyak dilakukan di mulut tambang. Artinya, wilayah penghasil batu bara seperti Kalimantan diperkirakan akan mendapat banyak tambahan proyek PLTU mulut tambang.

Selain PLTU, Kementerian ESDM juga akan mengarahkan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTGU) dan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) dilakukan di dekat sumur (wellhead).

"Nanti ke depan RUPTL diperbaiki. Kita melarang pembangunan PLTG atau PLTMG yang tidak di wellhead. Kenapa? Supaya lebih murah," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini