Lippo Dinilai Layak Kembangkan Kota Baru Meikarta

Bisnis.com,29 Sep 2017, 01:31 WIB
Penulis: Ipak Ayu H Nurcaya
Foto aerial pembangungan megaproyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/9)./ANTARA-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana Lippo Group membangun kota mandiri berskala internasional bernama Meikarta dinilai banyak pihak cukup realistis.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPw) Ali Tranghanda mengatakan pada dasarnya Lippo memiliki kapasitas dan pengalaman. Lippo telah berhasil membangun kota baru di kawasan Cikarang, Makasar, Karawaci, hingga di Korea dan lainnya.

"Kalau sekarang mau bikin kota baru, saya pikir Lippo bisa, mereka sudah ahli. Mereka sudah pernah menjadi pengembang pertama yang mendirikan kota mandiri yang lengkap dari sisi perumahan, komersial, dan industri. Lippo Karawaci," katanya, Kamis (28/9/2017).

Ali mengatakan, Meikarta akan menjadi kawasan modern sebagai pengganti Jakarta yang sudah padat.

Saat ini pemerintah agresif menembangkan infrastruktur di koridor timur Jakarta yang tentu akan menjadi keunggulan bagi Meikarta.

Adanya kereta komuter, LRT hingga pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung, menurut Ali, akan menjadi pendukung bertumbuhnya Meikarta sebagai kota baru.

Saat ini koridor timur Jakarta (Bekasi, Karawang, Purwakarta, hingga Subang) sedang dikembangkan sejumlah proyek infrastruktur.

Proyek itu di antaranya kereta cepat Jakarta-Bandung, rencana pengembangan Patimban Deep Seaport, dan Kertajati International Airport.

Adanya rencana pengembangan berbagai proyek infrastruktur tersebut dengan sendirinya akan menambah aksesibilitas menuju dan dari koridor timur Jakarta, sekaligus semakin memperkuat dasar ekonomi yang sekarang ini sedang berkembang di koridor timur Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini