PENTAS BUDAYA: Sepuluh Daerah Bakal Meriahkan Festival Indonesiana 2018

Bisnis.com,04 Okt 2017, 18:13 WIB
Penulis: Amanda Kusumawardhani
Pentas Gamelan Bali bertajuk Gtter, Tempel, Lebensfreude: Musik und Tanz aus Bali (Dewa, Pura dan Kebahagiaan Hidup: Musik dan Tari Bali) berlangsung di Gedung Pertunjukan Urhof, 20, di Grnbach am Schneeberg, Austria, Sabtu (24/6/2017) malam./Dok. KBRI Wina

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memilih 10 daerah untuk memeriahkan  festival kebudayaan dalam rangkaian Festival Indonesiana 2018.

“Saat ini kami sedang memperkuat konsep Festival Indonesiana 2018, termasuk memilih daerah mana saja yang akan mendapatkan fasilitasi berupa pendampingan dan bantuan dana dari Kemendikbud,” kata Kasubdit Diplomasi Budaya Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ahmad Mahendra di Jakarta, Rabu (4/10).

Rencananya, pihaknya hanya akan memilih sebanyak 10 daerah yang memiliki komitmen kuat untuk menyelenggarakan festival budaya  pada tahun mendatang. Pemilihan didasarkan atas komitmen pemerintah daerah berupa alokasi biaya, riset terkait segmen pasar, hingga konsistensi penyelenggaraan acara.

Salah satu daerah yang sudah menyatakan komitmennya untuk menjadi bagian dari Festival Indonesiana 2018 adalah Kota Solo. Kota ini akan menjadi penyelenggara Homecoming Gamelan Festival di Solo pada tahun depan.

 “Yang sudah pasti adalah Solo karena komitmen pemerintah daerah Solo sudah terlihat dari alokasi anggaran untuk menyelenggarakan acara itu pada tahun depan. Dalam hal ini, kami akan segera melakukan pendampingan, salah satunya untuk mengundang para pemain gamelan internasional ke Solo tahun depan,” tekannya.

Dia merinci sudah ada lima grup gamelan yang memastikan hadirannya pada acara di Solo yakni dari Dublin, Glasgow, York, dan London. Selain itu, pihaknya juga mengupayakan sejumlah grup gamelan yang sudah malang melintang di dunia dari kawasan Eropa lainnya dan Amerika Serikat.

Pada tahun ini, Kemendikbud berencana memfasilitasi penyelenggaraan festival kebudayaan di Indonesia sebanyak 70 acara. Acara yang diprioritaskan adalah kegiatan yang dinisiasi institusi atau komunitas yang bertujuan untuk mempererat hubungan diplomasi dengan negara sahabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini