Hadapi Tahun Politik, Presiden Panggil Seluruh Pimpinan Daerah

Bisnis.com,11 Okt 2017, 01:37 WIB
Penulis: Arys Aditya
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie meninjau lokasi pembangunan Embung Rawa Sari di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (6/10).,ANTARA-Fachrurrozi

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden RI Joko Widodo berencana mengumpulkan para kepala daerah, mulai dari gubernur dan bupati/wali kota, termasuk pimpinan DPRD se-Indonesia. Pertemuan ini akan membicarakan soal perkembangan proyek pembangunan infrastruktur daerah.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, memasuki tahun politik dan Pilkada Serentak 2018, Presiden Jokowi ingin memastikan kalau proyek strategis nasional tetap berjalan. Dia berharap agenda politik di daerah tak menganggu jalannya pembangunan.

"Silakan mau (maju) pilkada, pileg atau pilpres. Tapi memastikan program strategis nasional Pak Jokowi harus jalan," kata Tjahjo di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dia menambahkan, kepala daerah yang memiliki target pembangunan selesai di 2018, tetap harus dituntaskan. Jangan sampai, paparnya, kepala daerah yang aktif juga di partai politik malah sibuk dengan pemilu.

"Jangan sampai terganggu karena kesibukannya kepala daerah yang mungkin dia kader partai. Dia harus ingat bahwa punya janji program kepada pemerintah, kepada masyarakat. Itu saja," tambah Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, Presiden Jokowi memang selalu rutin melakukan kunjungan kerja ke daerah dalam rangka meninjau langsung proyek pembangunan infrastruktur nasional di sana sekaligus memastikan proses pengerjaan dan penyelesaiannya sesuai target yang telah ditetapkan.

"Nanti akan dikumpulkan lengkap satu hari penuh dengan menko terkait, bersama juga gubernur, bupati dan wali kota serta DPRD-nya," tambah Mendagri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini