KARHUTLA : Ikut Padamkan Kebakaran Hutan, Begini Pengalaman Wagub Kalbar

Bisnis.com,17 Okt 2017, 21:53 WIB
Penulis: Yanuarius Viodeogo
Ilustrasi: Helikopter MI-17 milik BNPB melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut dari udara (water bombing) di Desa Lebak Deling, Pangkalan Lampam, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, Kamis (3/8)./ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PONTIANAK – Memadamkan kebakaran hutan dan lahan bukan perkara gampang. Dibutuhkan keberanian dan fisik yang prima untuk melakukannya.

Wagub Kalimantan Barat Christiandy Sandjaya memiliki pengalaman tak terlupakan soal memadamkan karhutla. Ia sempat berada di dalam helikopter untuk ikut serta dalam membantu pemadaman api di kawasan hutan.

Christiandy mengatakan, kala itu kali pertama dia berada di helikopter untuk memadamkan api. Ia jadi tahu persis bagaimana proses helikopter saat pertama kali mengambil air, lantas ‘membom’ ke lokasi lahan yang terbakar.

“Itu saat mengambil air, helikopter berputar-putar, lalu saat hendak menuangkan air ke lokasi titik api, helinya berputar-putar juga. Itu membuat saya mabuk,” kata Christiandy.

Setelah turun dari helikopter, Christiandy mengaku selama dua hari harus memulihkan kondisinya.

Hal itu disampaikannya saat workshop GIZ Forclime II penanganan kebakaran hutan dan lahan, Senin (16/10/2017).

Berdasar pemaparannya, tahun ini hot spot di Kalbar turun drastis sebanyak 617 titik, pada 2016 mencapai 1.571 titik dan 2015 paling tinggi sebanyak 2.718 titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini