Rembuk Nasional 2017 : Pentingnya Kedaulatan dan Mengelola Ketahanan Pangan

Bisnis.com,24 Okt 2017, 00:44 WIB
Penulis: Lingga Sukatma Wiangga

Kabar24.com, JAKARTA—Ada enam poin penting yang menjadi rekomendasi pemerintah di bidang kedaulatan dan mengelola ketahanan pangan hasi rembuk nasional 2017.

Dikutip dari buku Rembuk Nasional 2017, Senin (23/10), rekomendasi pertama adalah subsidi pupuk, benih dan bantuan alat-alat serta mesin pertanian yang lebih efektif.

Kedua, manfaat yang diperoleh dan biaya yang dikeluarkan dalam program upaya khusus padi jagung kedelai dan Sergab harus lebih sesuai.

Ketiga, regulasi tata kelola pangan seperti HPP, HET, dan Satgas Pangan pelaksanaannya harus ditingkatkan.

Keempat, program pemberdayaan dan penguatan sumberdaya petani serta reformasi agraria perlu ditingkatkan. Di sisi lain program penyuluhan pertanian dan pengerahan Babinsa untuk penyuluhan pertanian harus lebih efektif.

Oleh karena itu, perlu strategi baru dengan mengerahkan petani inovator dan petani berprestasi yang dibantu pengajar dari perguruan tinggi sebagai pendamping.

Dalam hal ini pemerintah perlu menjalankan reformasi agraria secara konsekuen terutama redistribusi lahan untuk petani kecil dan mencegah alih fungsi tanah pertanian dan alih kepemilikan lahan pertanian dari petani ke pemodal.

Kelima, pengembangan peternakan desa. Keenam, revisi UU Nomor 12 Tahun 1992 serta perundang-undangan dan peraturan pemerintah terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini