SURVEI: Menteri Susi Dianggap Paling Berprestasi

Bisnis.com,02 Nov 2017, 16:27 WIB
Penulis: Lingga Sukatma Wiangga
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/9)./ANTARA-Hafidz Mubarak A

Kabar24.com, JAKARTA—Lembaga kajian nirlaba Populi Center merilis menteri-menteri pada pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dianggap berprestasi oleh masyarakat.

Dari survei yang dilakukan, persepsi masyarakat terhadap prestasi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi yang tertinggi sebesar 37,9%. Kemudian diikuti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang terpaut jauh dengan persentase 8,2%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani berada di peringkat ketiga dengan jumlah pilihan responden mencapai 7,1%.

Selanjutnya, ada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin 2,8%, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi 2,1%, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto 1,8%.

Adapun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi masing-masing 0,8%.

Sementara itu, pada peringkat 10, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendapat pilihan dari 0,5% responden.

Terkait kinerja menteri-menteri di kabinet kerja, mayoritas responden menilai pemerintah tidak perlu melakukan perombakan.

"Sebanyak 41,4% menganggap perombakan kabinet belum perlu dilakukan dan tidak perlu dilakukan," kata Direktur Populi Center Usep S. Ahyar, Kamis (2/11/2017).

Kendati demikian, dari hasil survei tersebut menunjukkan 22,8% responden menginginkan perombakan kabinet dilakukan.

Di sisi lain, 35,8% responden cenderung tidak tahu atau tidak menjawab.

Sebagai gambaran, survei dilakukan pada kurun waktu 19 Oktober-26 Oktober 2017 dengan jumlah responden 1.200 orang.

Survei memiliki margin of error 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Usep menyebut, survei dilakukan di seluruh provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini