Pabrik Otomotif Tutup, Penjualan di Australia Tetap Melesat

Bisnis.com,03 Nov 2017, 09:34 WIB
Penulis: Tegar Arief
Mobil Konsep GR HV Sports. /TMC

Bisnis.com, SIDNEY - Penutupan pabrik oleh sejumlah perusahaan otomotif tidak lantas menekan laju penjualan kendaraan di Australia. Pada bulan lalu, penjualan mobil baru di negara tersebut meningkat.

DIkutip dari Reuters, JUmat (3/11/2017), kamar dagang Australia melaporkan pada bulan lalu penjualan mencapai 95.763 unit, naik sebesar 2,6% dibandingkan capaian pada bulan yang sama tahun lalu.

Angka ini merupakan rekor tertinggi pada tahun ini. Secara kumulatif, sepanjang Januari-Oktober tahun ini penjualan naik sebesar 0,5%. Penyebabnya adalah meningkatnya permintaan di segmen komersial.

Permintaan terhadap mobil komersial meningkat sebesar 18,5%. Adapun penjualan untuk kendaraan berat melonjak sebesar 13,7% pada bulan lalu. Sementara itu, untuk mobil penumpang masih terus tertekan dengan penurunan sebesar 3,8%. Adapun untuk segmen sport utility vehicle (SUV) turun tipis yakni sebesar 1,2%.

Toyota Motor Corp masih menempati posisi teratas di tangga penjualan dengan pertumbuhan sebesar 18,6%, disusul Hyundai Motor Co yang meningkat sebesar 9,2%.

Posisi berikutnya adalah Mazda Motor Corp yang meningkat sebesar 8,4%, diikuti oleh Holden General Motors yang naik sebesar 8,1%, Ford Motor Co naik sebesar 6%, dan Mitubishi Motors naik sebesar 5,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini