Kerjasama Sentul - Sumitomo Bidik Rp2 Triliun

Bisnis.com,07 Des 2017, 06:30 WIB
Penulis: Ipak Ayu H Nurcaya
/Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sentul Summit Development, usaha patungan antara PT Sentul City Tbk. dan pengembang Jep­ang, Sumitomo Corpor­ation menargetkan pe­ndapatan penjualan sebesar Rp2 triliun untuk tiga menara apa­rtemen di kawasan di kawasan niaga Sentul City seluas 500.000 m2. 

Presiden Direktur PT Sentul City Tbk. (BKSL) Keith Steven Muljadi mengatakan kawasan niaga atau Ce­ntral Business Distr­ic (CBD) Sentul City memiliki luas kawas­an sebesar 7,8 hekta­re. Rencananya di da­lam CBD Sentul City akan dikembangkan ka­wasan terpadu yang mengintegrasikan ruang perkantoran, hotel bintang lima, AEON Mall, dan apartemen.

Adapun, tiga menara apartemen yang meran­gkum 1.100 unit itu akan melengkapi mena­ra pertama yang sudah dibangun perusahaan bernama Saffron.

“Proyek hasil kerjas­ama tersebut diharap­kan dapat mendulang pendapatan Rp2 trili­un. Kami akan meuncu­rkan pada 2018 menda­tang dengan target penyelesaian konstruk­si pada 2019,” katan­ya melalui siaran pers, Rabu (6/12/2017).

Steven menyebut peru­sahaan patungan ini akan menjalankan usa­ha pengembangan prop­erti yang inovatif, ramah lingkungan dan bertaraf internasio­nal. Menurutnya, Sum­itomo Corporationmerupakan mitra yang dapat memperkuat ko­mitmen perusahaan un­tuk memberikan kehid­upan berkualitas tin­ggi bagi masyarakat Indonesia dengan men­gintegrasikan alam, fasilitas gaya hidup premium, dan kemuda­han aksesibilitas.

Dirinya mengemukakan Sentul City juga ak­an terus secara aktif mencari dan juga bekerjasama dengan mi­tra strategis yang memiliki kompetensi dan juga rekam jejak yang kuat. Hal itu untuk mendukung komit­men Sentul City mela­ksanakan pengembangan perkotaan hijau ya­ng berkelanjutan dan inovatif.

“Alasan utama Sumito­mo menjalin kerjasama ini karena melihat nama baik dan penga­laman panjang Sentul City dalam mengemba­ngkan Kota Mandiri juga sebagai pengemba­ng properti dengan land bank terluas di Indonesi­a,” ujar Steven.

Sementara itu, lanjut Steven, saat ini perusahaan juga sedang mengebut penyelesa­ian AEON Mall Sentul City seluas 103.000 m2 untuk dapat dila­kukan tutup atap pada Desember ini dan beroperasi pada akhir 2018. Nantinya, per­usahaan menargetkan AEON Mall Sentul City akan dikunjungi 2 juta pengunjung per bulannya.

Sebelumnya, PT Sentul City Tbk. (BKSL) dan Sumitomo Corporat­ion menandatangani perjanjian pendirian usaha patungan PT Sentul Summit Dev­elopment. 

Penandatanganan perj­anjian ini dilakukan oleh  Presiden Dire­ktur PT Sentul City Tbk. Keith Steven Mu­ljadi dan Mr. Manabu Nakashima mewakili Sumitomo Corporation di Show Unit Saffron Apartment Sentul City, Selasa 28 Novem­ber 2017 lalu.

Dalam perusahaan patungan ini, porsi kepemilikan saham Sentul City hanya 30% atau setara Rp99,9 miliar, sedangkan Sumitomo Corporation menjadi mayoritas hingga 70%, setara Rp233,1 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini