Sektor Teknologi dan Finansial Pulih, Indeks Stoxx Menguat Tipis

Bisnis.com,08 Des 2017, 06:00 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Indeks Stoxx 600/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Saham Eropa ditutup menguat pada  perdagangan Kamis (7/12/2017) karena sektor finansial dan teknologi pulih, sementara peritel furnitur bermasalah menyusul skandal akuntansi.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,02% atau 0,09% ke leve 386,41 setelah bergerak pada kisaran 385,63-387,75.

Minat investor terhadap aset berisiko pulih dan mendorong saham-saham zona euro, dengan sektor finansial membukukan kinerja terbaikterkuat serta mendorong bursa Italia dan Spanyol dengan kenaikan 0,6-0,7%.

Bank-bank zona euro melonjak 1,1%, pulih setelah sentimen risk-off menekan sektor finansial pada perdagangan sebelumnya.

Bank seperti ING, Santander, Unicredit dan Intesa Sanpaolo mendorong kenaikan setelah menguat 0,7% hingga 1,4% karena kepercayaan pada sektor ini, terutama pada bank-bank Eropa perifer, pulih.

"Di dunia, sektor dengan potensi terbesar untuk tumbuh dari sini pendapatan mungkin adalah bank-bank Eropa kontinental," kata Kevin Gardiner, analis investasi global di Rothschild Wealth, seperti dikutip Reuters..

Sektor teknologi naik tipis 0,2%, sedikit pulih dari pelemahan dalam beberapa sesi sebelumnya karena investor semakin waspada terhadap sektor dengan valuasi tinggi ini.

Sylvain Goyon, analis ekuitas di Natixis Prancis, mengatakan bahwa aksi jual baru-baru ini di saham teknologi tidak didorong oleh perubahan fundamental sektor ini dan tidak akan berlangsung lama.

"Pendorong utama industri ini masih ada", katanya.

Sementara itu, saham Steinhoff anjlok 45%, memperpanjang kejatuhan dramatis sesi sebelumnya setelah peritel Afrika Selatan ini mengungkapkan penyimpangan akuntansi dan mundurnya CEO perusahaan. Steinhoff telah anjlok 80% dalam dua sesi terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini