UI Terpilih Jadi Kampus Hijau Terbaik

Bisnis.com,11 Des 2017, 16:17 WIB
Penulis: Rayful Mudassir
Universitas Indonesia./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia terpilih sebagai kampus hijau terbaik di Tanah Air diikuti Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, berdasarkan riset UI green metric world university rangkings 2017.

Dalam laporan lembaga itu, sejumlah kampus yang ikut terdaftar dalam pemeringkatan tersebut mendapat penilaian dari tim riset selama hampir satu tahun hingga kemudian mendapat skor sesuai keadaan kampus terkait pengelolaan lingkungan.

Ketua UI GreenMetric, Prof Riri Fitri Sari mengungkapkan pihaknya sejak awal tahun telah melakukan pengkajian terhadap ratusan kampus di dunia termasuk di Indonesia. Seluruh peserta juga diminta mengirimkan data penelitian hingga kegiatan yang mendukung terhadap program perlindungan alam.

“Kita lihat bagaimana usaha kampusnya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan,” kata Riri Fitri usai pengumuman peringkat kampus dalam negeri dan dunia di Kampus UI, Depok, Senin (11/12/2017).

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric sebanyak 101 universitas dari tahun 2016 hingga berjumlah 619 universitas dunia di 76 negara. Peserta dari Indonesia, juga meningkat menjadi 58 universitas dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya memenuhi indikator UI GreenMetric.

Secara keseluruhan menurut Riri Fitri, lembaga riset ini sejak awal tahun telah mengirimkan email ke 9.000 universitas dunia. Tim riset meminta pihak kampus untuk menyediakan data yang dapat mendukung kampusnya sehingga dapat dianggap telah melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik.

Sejumlah penilaian yang dilakukan oleh periset antara lain infrastruktur kampus, kawasan hijau, pendanaan yang diberikan oleh kampus mendukung upaya pelestarian lingkungan, energi terbarukan yang digunakan hingga sejauh mana keinginan kampus untuk mengajak stakeholder ikut dalam program kampus hijau.

“Bagaimana pengaturan sampah organik dan non organik. Buang baterai itu dimana misalnya, itu harus dikumpulkan. Kemudian transportasi hemat energi, kemudian matakulah penelitian hingga kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan lingkungan hidup.”

Sementara itu, UI GreenMetric juga merilis peringkat kampus di seluruh dunia yang dinilai telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup. University of Wageningen menjadi kampus hijau terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2017. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham dan University of California, Davis.

Rektor Universitas Indonesia, Prof Muhammad Anis mengemukakan kampusnya melalui UI GreenMetric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan sustainabilitas perguruan tinggi melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh universitas di dunia.

UI berbangga hati dapat mengambil peran dalam mendukung pencapaian pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup,” tukasnya.

Pihaknya menginginkan perguruan tinggi di dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim. Menurutnya, UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan, serta menjadi trendsetter dalam pemeringkatan di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup di tingkat dunia.

“Ini kita harapkan semua mempunyai mainset tentang bagaimana menyelamatkan bumi agar generasi akan datang bisa hidup layak,” katanya.

 

DAFTAR PERINGKAT 10 BESAR KAMPUS HIJAU DI INDONESIA VERSI UI GREENMETRIC 2017

1. UNIVERSITAS INDONESIA

2. INTITUT PERTANIAN BOGOR

3. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

4. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

5. UNIVERSITAS SEBELAS MARET

6. UNIVERSITAS DIPONEGORO

7. UNIVERSITAS BRAWIJAYA

8. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

9. TELKOM UNIVERSITY

10. UNIVERSITAS PADJAJARAN

 

 DAFTAR PERINGKAT 10 BESAR KAMPUS HIJAU DI DUNIA VERSI UI GREENMETRIC 2017

1. UNIVERSITY OF WAGENINGEN

2. UNIVERSITY OF NOTTINGHAM

3. UNIVERSITY OF CALIFORNIA, DAVIS

4. UNIVERSITY OF BRADFORD

5. NOTTINGHAM TRENT UNIVERSITY

6. UNIVERSITY OF OXFORD

7. UNIVERSITY OF CONNECTICUT

8. BANGOR UNIVERSITY

9. UNIVERSITY COLLEGE CORK

10. HOCHSCHULE TRIER - UMWELT-CAMPUS BIRKENFELD

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini