MUFG Jepang Bersiap Akuisisi 73,8% Saham Bank Danamon

Bisnis.com,26 Des 2017, 19:57 WIB
Penulis: Saeno
Bank Danamon/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu grup jasa keuangan terbesar di Jepang, MUFG, bersiap untuk mengambilalih 73,8% kepemilikan saham mayoritas di Bank Danamon.

Berdasar rilis yang diterima Minggu (26/12/2017), entitas bank komersial milik Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc., The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (MUFG), telah menyepakati perjanjian-perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI) dan entitas-entitas terafiliasi lainnya.

Selanjutnya, proses akuisisi kepemilikan saham di PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. bergantung pada persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"AFI merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. Para Penjual saat ini memiliki, secara keseluruhan, 73,8% kepemilikan saham di Danamon," demikian disampaikan dalam keterangan resmi tersebut.

Disebutkan bahwa investasi strategis MUFG akan dilaksanakan melalui tiga tahap (“Transaksi Yang Dikehendaki”), dan penyelesaian Transaksi Yang Dikehendaki tersebut akan mengakibatkan MUFG menjadi pemegang saham terbesar di Danamon.

Adapun garis besar dari Transaksi Yang Dikehendaki tersebut adalah sebagai berikut:

MUFG sedang menyiapkan rencana strategis baru di Asia-Oceania. Bank tersebut telah mengembangkan keberadaannya, mendiversifikasi bauran bisnisnya dan memperkuat bisnis perbankan komersialnya melalui kemitraan strategis dengan bank-bank terkemuka.

Di Indonesia, MUFG telah beroperasi selama 50 tahun dan saat ini memiliki satu kantor cabang dengan layanan penuh di Jakarta, satu kantor pembantu di Surabaya, dan sembilan poin layanan di seluruh Indonesia.

“Sebagai salah satu bank terdepan di Asia & Oceania, kami telah lama menyadari peran Indonesia sebagai salah satu pendorong utama perkembangan di wilayah Asia & Oceania dan telah berusaha untuk membangun keberadaan yang lebih kuat di negara ini,” ujar Takayoshi Futae, Chief Executive Officer (CEO) MUFG untuk wilayah Asia & Oceania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini