5 Benda Ini Dianggap Bersih, padahal 'Sarang' Kuman

Bisnis.com,25 Jan 2018, 12:29 WIB
Penulis: JIBI
Ilustrasi/Imgbuddy

Bisnis.com, JAKARTA - Bakteri dapat tumbuh atau berkembang di mana saja. Biasanya, kita hanya menjauhi barang-barang yang kotor. Padahal, bakteri dapat tumbuh atau berkembang di mana saja.

Barang-barang yang terlihat bersih pun ternyata bisa menyimpan banyak kuman. Contohnya adalah kamar mandi.

Banyak orang mengira, WC adalah bagian dalam kamar mandi yang paling kotor, khususnya di toilet umum. Padahal, menurut beberapa peneliti kuman, WC adalah tempat paling bersih di kamar mandi.

Menurut Charles Gerba, profesor mikrobiologi dari University of Arizona, bakteri tumbuh di tempat basah atau lembab. Oleh karena itu, Anda justru harus waspada dengan barang-barang yang basah, lembab, atau jarang dibersihkan, seperti lap tangan.

Selain itu, ada juga barang-barang yang terlihat bersih, tetapi menyimpan banyak kuman di dalamnya. Berikut adalah daftar barang yang memiliki banyak kuman.

1. Tutup sikat gigi

Laporan dari Public Health Organization NSF International pada 2012 menemukan, 27 persen tutup sikat gigi merupakan sarang bakteri Coliform, yaitu bakteri yang berada dalam satu mikroorganisme dengan Salmonella dan E-Coli.

2. Busa cuci piring

Busa cuci piring disebut sebagai sarang bakteri. Menurut studi yang diterbitkan di “Scientific Reports”, ditemukan 362 jenis bakteri dalam busa cuci piring. Lalu, per sentimeter persegi busa cuci piring diperkirakan memiliki sekitar 45 milyar bakteri di dalamnya. Jumlah itu hampir setara dengan bakteri di toilet.

3. Smartphone

Waspada dengan smartphone Anda. Smartphone ternyata memiliki banyak bakteri sehingga membuat benda itu 10 kali lebih kotor daripada toilet. Terdapat bakteri E-coli pada smartphone yang dapat menyebabkan penyakit diare dank ram perut.

4. Mesin cuci

Sebuah studi menemukan, pada mesin cuci terdapat sebuah virus yang dapat menyebabkan sakit perut kronis. Virus tersebut tersembunyi di bagian pengering atau spin cycle pada mesin cuci. Untuk menyiasati hal tersebut, cuci pakaian dalam dengan air hangat, gunakan bleach, dan keringkan pakaian sampai benar-benar kering untuk menghindari bakteri yang bisa menempel pada pakaian.

5. Kue ulang tahun

Meniup lilin pada kue ulang tahun memang sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Biasanya, dalam beberapa acara, lilin dalam kue bisa ditiup beramai-ramai, entah dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Ternyata, meniup lilin dalam satu kue secara beramai-ramai dapat menambah bakteri sebanyak 1.4000 persen. Jadi, usahakan hindari meniup lilin kue ulang tahun bersama-sama.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini