Dituding Seleksi CPNS Tidak Transparan, Begini Reaksi Kemenpan-RB

Bisnis.com,27 Feb 2018, 19:11 WIB
Penulis: Thomas Mola
Sejumlah peserta seleksi CPNS Basarnas Kendari menerima arahan di kantor Badan Kepegawaian Negara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (23/10)./ANTARA-Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan-RB mendapat pertanyaan menarik perihal seleksi CPNS. Pertanyaan itu diajukan oleh Mahasiswa jurusan Administrasi Negara Universitas Pasundan Bandung ketika berkunjung ke Kementerian PANRB.

Dua pertanyaan yang terkait dengan seleksi CPNS ialah bagaimana proses seleksi CPNS sekarang supaya yang masuk benar-benar yang memiliki kompetensi dan mengapa beberapa peserta yang telah beberapa kali mengikuti seleksi hasilnya tetap tidak lolos?

Kepala Subbagian Pelayanan Informasi dan Pengaduan Internal Kemenpan-RB Wasito mengatakan sejak 2013, proses seleksi CPNS sudah menggunakan computer assisted test (CAT) sehingga sangat transparan.

“Sejak 2013, proses seleksi CPNS sudah menggunakan computer assisted test/CAT sehingga sangat transparan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/2/2018).

Wasito menjelaskan dengan adanya sistem CAT, pemerintah memastikan tidak akan ada kecurangan atau kongkalikong antara peserta dan pelaksana tes. Dengan sistem ini, banyak keuntungan yang didapat seperti lebih kompetitif, adil, obyektif, transparan dan bebas dari KKN.

“Peserta yang masuk ruangan mendapatkan soal yang berbeda-beda. Bahkan penunggu tes bisa melihat hasil tes secara real time,” jelasnya.

Wasito mengajak seluruh mahasiswa untuk mengubah mindset terhadap proses seleksi CPNS. Seleksi CPNS sekarang sudah berbeda, menjadi lebih transparan dan bebas KKN. “Ayo diubah mindset-nya! Proses seleksi CPNS sudah tidak seperti dulu lagi,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini