Citilink Kembangkan Sayap ke Asia Tenggara

Bisnis.com,07 Mar 2018, 17:18 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Direktur Utama Citiink Juliandra Nurtjahjo membersihkan pesawat seri A 320 pada bagian kabin di bandar udara internasional Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (3/5/2017) malam./Antara-Fajrin Raharjo

Bisnis.com, JAKARTA--PT Citilink Indonesia berencana melakukan ekspansi rute penerbangan internasional ke regional Asia Tenggara, yakni Penang, Singapura, dan Bangkok.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan rute penerbangan Jakarta--Penang akan diterbangi dalam satu kali sehari dan sebaliknya (pergi-pulang) pada Maret 2018. Adapun rute ke Singapura dan Bangkok akan dibuka masing-masing pada akhir April dan pertengahan 2018.

"Upaya penambahan rute tersebur bisa meningkatkan utilisasi pesawat. Dampaknya bisa meningkatkan pendapatan dan mampu mengompensasi kenaikan biaya operasional," kata Juliandra, Rabu (7/3/2018).

Dia menuturkan rute penerbangan ke Penang akan dilakukan satu kali per hari terlebih dulu. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ditambah setelah melihat permintaan pasar.

Sementara rute Jakarta--Singapura akan dibuka sebanyak dua kali per hari karena potensi jumlah penumpang yang masih tinggi. Maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) ini sebelumnya sudah memiliki rute penerbangan internasional Jakarta--Dili untuk kategori berjadwal.

"Untuk yang charter kami sudah ada rute penerbangan ke 10 kota di China dan Jeddah," ujarnya.

Sementara, lanjutnya, untuk rute domestik pihaknya sudah membuka rute Jakarta--Banyuwangi dan akan menambah frekuensi penerbangan ke Solo, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

Peningkatan rute dan frekuensi penerbangan tersebut sejalan dengan target perusahaan yang ingin menambah utilitas pesawat menjadi di atas 9 jam per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini