Pemkab Badung Bagikan Benih Ikan Air Tawar Gratis

Bisnis.com,29 Apr 2018, 12:53 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi.

Bisnis.com, BADUNG—Para petani ikan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, secara bertahap diberikan bantuan jutaan benih ikan air tawar secara gratis oleh Dinas Perikanan daerah setempat, guna meningkatkan produksi ikan air tawar untuk konsumsi masyarakat.

"Dengan pemberian benih ikan secara gratis kepada petani ikan ini, kami berharap terjadi peningkatan produksi ikan air tawar," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Putu Oka Swandiana di Mangupura, Minggu (29/4/2018).

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat menargetkan Tahun 2018 memberikan bantuan benih ikan air tawar secara gratis mencapai 1,5 juta ekor dan berlanjut Tahun 2019 akan memberikan bantuan benih ikan air tawar sebanyak dua juta ekor.

Hal ini penting dilakukan karena berdasarkan data produksi perikanan darat mengalami kenaikan yang belum signifikan di Kabupaten Badung, dimana Tahun 2016 tercatat jumlah produksi ikan air tawar mencapai 589,8 ton dan produksi ikan air tawar Tahun 2017 tercatat mencapai 612,62 ton.

"Seluruh benih yang diberikan kepada petani ikan ini dihasilkan Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemkab Badung yang diberikan secara gratis kepada petani ikan di daerah ini," ujarnya.

Pihaknya optimistis dengan telah dibangun dan beroperasinya BBI Baha di daerah itu akan lebih banyak lagi jumlah bibit yang dihasilkan untuk disalurkan kepada petani ikan di daerah itu.

Pemerintah juga sudah membuat program strategis yakni pembinaan kepada petani ikan agar mau meningkatkan usaha pertanian ikannya meskipun lahan yang dimilikinya tidak banyak (intensifikasi), perluasan lahan budidaya (ekstensidikasi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini