Hawaii Diguncang Serangkaian Gempa

Bisnis.com,05 Mei 2018, 06:18 WIB
Penulis: Annisa Margrit
Asap terlihat dari Gunung Kilauea di Hawaii, AS yang meletus pada Kamis (3/5)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Hawaii diguncang serangkaian gempa menyusul meletusnya Gunung Kilauea di negara bagian AS itu.

Reuters melansir Jumat (4/5/2018) waktu setempat, Badan Geologi AS (US Geological Survey/USGS) mengungkapkan ada serangkaian gempa yang terjadi selama sepekan terakhir.

Gempa terakhir disebut berkekuatan 5,8 magnitudo dan terjadi pada 12.32 tengah malam waktu setempat. Pusat gempa berada di 17,7 kilometer (km) barat daya Leilani Estates, salah satu area pemukiman yang juga menjadi lokasi mengalirnya lava dari gunung berapi tersebut.

Tidak berapa lama sebelum gempa tersebut, daerah di selatan Gunung Kilauea juga mengalami gempa yang berkekuatan 5,7 magnitudo. USGS menyebutkan gempa tersebut berpusat di 17,7 km tenggara Hutan Fern dan berkedalaman 7 km.

Letusan Gunung Kilauea telah memaksa ratusan warga, yang sebagian besar pensiunan, untuk mengevakuasi diri. Gunung tersebut mulai meletus pada Kamis (3/5) waktu setempat.

Lava dilaporkan mengalir ke sejumlah daerah pemukiman di Big Island. Lava juga disebut keluar dari retakan yang terjadi di jalanan.

Evakuasi juga dilakukan karena tingginya tingkat belerang dioksida akibat letusan tersebut. Gas beracun ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan kesulitan bernapas.

Hingga kini, belum ada korban jiwa yang tercatat.

Gunung Kilauea sebenarnya sudah sering meletus selama lebih dari 30 tahun terakhir. USGS menyebutkan aliran lava dari gunung tersebut sudah menutupi area seluas 125 km persegi dan belum bisa diperkirakan berapa lama erupsi akan berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini