Mudik Lebaran, Lalu Lintas tol Tangerang-Merak Diprediksi Naik 5,7%

Bisnis.com,05 Mei 2018, 10:26 WIB
Penulis: Yanita Petriella
Lalin tol Tangerang-Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -Astra Infra Tol Road memprediksi lalu lintas harian saat mudik lebaran mendatang meningkat sebesar 5,7%.

Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan pada mudik lebaran tahun lalu terdapat peningkatan kendaraan sebesar 7,3%.

"Kendaraan puncaknya di hari H-3 162.000 kendaraan per hari, tahun ini akan meningkat 5,7%," ujarnya, Rabu (2/5/2018).

Kris menuturkan saat ini untuk mendukung kapasitas jalur kendaraan pihaknya menambah lajur keempat. Jalur keempat yang ditambah di ruas Cikupa -- Balaraja Barat. Lalu nantinya ditambah lajur ketiga ruas Balaraja Barat -- Cilegon.

"Nanti mudik lebaran h-10, keluar Jakarta arah Sumatera-Banten, bisa menggunakan Tangerang--Merak lebih leluasa. Sebelum lebaran bisa difungsionalkan," kata Kris.

Trafik harian kendaraan yang melintas ruas tol Tangerang--Merak sepanjang tahun lalu mencapai 136.160 atau meningkat 4,2% dari tahun 2016.

Jumlah kendaraan tahunan yang melintas di ruas tol Tangerang--Merak sepanjang 2017 mencapai 49,7 juta kendaraan.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto menuturkan Pekerjaan berupa penambahan lajur keempat ini dimulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja KM 39+200, dari sebelumnya 3 lajur.

Konstruksi lanjutan jalan tol ini adalah langkah antisipasi pengelola jalan tol Tangerang-Merak itu dalam meningkatkan kapasitas lajur sehingga diharapkan pengguna jalan tol tidak akan mengalami kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Tangerang-Merak.

"Berdasarkan kajian tingkat pertumbuhan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak tercatat hampir mencapai 80% kendaraan dari kapasitas ruas jalan di wilayah Tangerang Barat, khususnya di ruas Cikupa-Balaraja," ucapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini