Anies : Pembangunan Wilayah DKI Harus Adil & Setara

Bisnis.com,09 Mei 2018, 16:40 WIB
Penulis: Regi Yanuar Widhia Dinnata
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin Pencanangan HUT Ke-491 Kota Jakarta di Pulau Tidung, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, pada Rabu (9/5/2018).

Bisnis.com, JAKARATA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk mengedepankan pembangunan yang berdasarkan keadilan dan kesetaraan bagi seluruh warga Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan komitmen tersebut dalam acara Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-491 Kota Jakarta di Pulau Tidung, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, pada Rabu (9/5/2018).

Dia menegaskan seluruh kawasan DKI Jakarta termasuk wilayah Kepulauan Seribu harus mendapatkan kesetaraan dan keadilan dalam hal pembangunan fisik maupun non fisik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sehingga kesejahteraan hidup warga dapat meningkat.

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Kepulauan Seribu menjadi lokasi pencanangan HUT Kota Jakarta.

Dalam acara ini, Gubernur DKI Jakarta memimpin Pencanangan HUT Ke-491 Kota Jakarta secara simbolis dengan membunyikan sirine serta pemukulan rampak gendang diiringi oleh lagu khas Betawi. Gelaran ini dihadiri pula jajaran Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

Anies mengungkapkan potensi Kepulauan Seribu akan didorong oleh Pemprov DKI Jakarta untuk semakin memajukan pariwisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, di antaranya potensi alam dan budaya.

Dia menambahkan pada tahap potensi budaya, keunggulan Jakarta terletak pada catatan sejarahnya.

"Lokasi ini adalah tempat di mana kami ingin mengembangkan pariwisata. Kami ingin ada kemajuan perekonomian di wilayah ini, ada keadilan di seluruh wilayah Jakarta. Karena kalau bicara kepulauan, ini lah garis depan DKI Jakarta," kata Anies dalam siaran pers, Rabu (9/5/2018).

Menurutnya, pmbangunan Kepulauan Seribu akan menyesuaikan dengan kondisi dan potensi yang ada di sana. "Jadi perencanaan pembangunan harus sesuai dengan kebutuhan. Di sini tidak bisa membangun tol, karena tidak nyambung.

Di tempat ini kaitannya adalah pariwisata, perikanan dan kelautan karena kalau kita membangun sesuai konteks maka rakyat yang akan rasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Pemprov DKI meresmikan 90 gedung sekolah yang dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti delapan gedung sekolah setelah direnovasi, antara lain SMKN 61 Pulau Tidung Jakarta, SDN Pulau Kelapa 01 Pagi, SDN Pulau Panggang 03 Pagi, SMPN 133 Jakarta, SMPN 260 Jakarta, SMPN 285 Jakarta, SMPN 288 Jakarta, dan PKBM Negeri 36 Jakarta. Adapun sebanyak delapan sekolah ini dapat menampung sebanyak 1.500 peserta didik.

Selain itu, Anies meresmikan penggunaan kapal bahan pangan bagi warga Kepulauan Seribu. Adapun kapal bahan ini bertujuan untuk melancarkan proses distribusi sehingga berdampak pada harga dan pasokan pangan dapat terjamin aman dengan harga terjangkau terutama dalam menghadapi bulan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini