CEO Muamalat: Bank Syariah Punya Produk yang Unik

Bisnis.com,10 Mei 2018, 19:55 WIB
Penulis: Abdul Rahman
Direksi Bank Muamalat saat berkunjung ke Kantor Redaksi Bisnis Indonesia, Kamis (10/5/2018)./Bisnis-Abdul Rahman

Bisnis.com, JAKARTA-Bank syariah dinilai punya potensi bersaing dengan bank konvensional karena punya produk dan segmen yang unik.

Chief Executive Officer PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Achmad Kusna Permana mengatakan, bank syariah punya produk pembiayaan seperti ijarah dan musyarakah mutanaqisah (MMQ).

"Di bank konvensional tidak punya itu dan itu bisa menjadi benefit bagi nasabah," katanya di sela kunjungan ke kantor Bisnis Indonesia, Kamis (10/5).

Ijarah adalah akad sewa menyewa barang antara kedua belah pihak. Tujuannya untuk memperoleh manfaat atas barang yang disewa. Akad ini diaplikasikan dalam penerbitan surat berharga syariah negara atau dikenal sebagai sukuk.

Sedangkan MMQ ialah akad antara dua pihak atau lebih yang berserikat atau berkongsi terhadap suatu barang dimana salah satu pihak kemudian membeli bagian pihak lainnya secara bertahap.

Selain itu, segmen bank syariah juga unik yang masyarakat beragama Islam. Sebagaimana diketahui, 88% penduduk Indonesia beragama Islam. Namun, pangsa pasar bank syariah baru 5%. Artinya potensi bank syariah untuk berkembang masih sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini