Bercanda Bawa Bom: Lion Air Akan Laporkan Penumpang yang Membuka Pintu Darurat

Bisnis.com,28 Mei 2018, 22:56 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Kepanikan penumpang Lion Air/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai Lion Air menegaskan akan tetap memberangkan para penumpang rute Pontianak--Cengkareng yang sempat mengelami delay terkait pengakuan seorang yang membawa bom di Bandara Supadio Pontianak.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang M. Prihantoro mengatakan penerbangan bernomor JT687 tersebut harus mengalami penundaan keberangkatan penerbangan (delayed). Terlebih, terdapat penumpang yang membuka paksa kedua jendela darurat (emergency exit window) di bagian kanan, tanpa instruksi awak kabin.

"Dalam penerbangan tersebut, ada seorang penumpang yang bergurau membawa bom. Namun, ini tidak serta merta dijadikan alasan untuk membuka jendela darurat," kata Danang, Senin (28/5/2018).

Dia menjelaskan penumpang yang diduga melakukan tindakan merusak pesawat telah dilaporkan ke pihak kepolisian dan saat ini sedang dalam proses pemeriksaan lebih lanjut.

Lion Air akan tetap menerbangkan penumpang JT687 menuju Cengkareng, namun harus menunggu pesawat pengganti datang dari bandar udara lain.

"Kami mengharapkan perbuatan tersebut diproses sampai kepada tingkat pengadilan," ujarnya.

Lion Air Group menghimbau dan menegaskan kepada seluruh pelanggan maupun publik/ masyarakat untuk tidak menyampaikan informasi palsu, bergurau/bercanda, atau mengaku bawa bom di bandar udara dan di pesawat. Mengacu pada Pasal 437 UU No. 1/2009 tentang Penerbangan, semua yang terkait informasi bom baik sungguhan atau bohong, merupakan tindakan melanggar hukum, akan diproses dan ada sanksi tegas oleh pihak berwajib.

Lion Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Grup Lion Air serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini