Siapkan Hal Berikut Agar Aman Mudik Bersama Anak

Bisnis.com,02 Jun 2018, 12:57 WIB
Penulis: Asteria Desi Kartika Sari
Pemudik mulai berdatangan usai pulang dari kampung halamannya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (29/6)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA--Mudik selalu menjadi waktu berlibur yang paling ditunggu setiap tahunnya. Apalagi jika anak sudah bisa ikut dalam perjalanan jauh, khususnya menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, membawa anak bepergian jauh boleh jadi adalah hal yang cukup menantang.Membawa anak kecil untuk bepergian jauh saat mudik Lebaran memang susah-susah gampang. Apalagi, anak belum pernah menempuh perjalanan yang lebih dari dua jam.

Oleh karena itu, orang tua harus menyiapkan segala kebutuhan untuk memberi kenyamanan dan kemanan selama mudik. Belum lagi, apabila dalam perjalanan si kecil rewel.

Vice President Mothercare dan Early Learning Centre Indonesia Lina Paulina menuturkan menjadi ibu merupakan momen yang paling berharga bagi seorang wanita. Para ibu tidak ingin merusak atau mengurangi rasa bahagia dari sang anak. Namun, dia menilai masih banyak para ibu, khususnya ibu muda yang belum tahu kiat-kiat atau apa saja yang harus dipersiapkan.

“Saat bertemu ibu baru, banyak sekali yang memang belum tahu tentang kiat-kiat dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk bepergian bersama anak,” kata Lina.

Belum lagi, Korlantas Polri mencatat angka kecelakaan lalu lintas pada 2017 lalu sebanyak lebih dari 98.419 kasus. Selain itu, kesadaran dari para orangtua tentang bagaimana mempersiapkan kendaraan dan posisi aman dan nyaman bagi anak saat bepergian juga masihkurang.

Guna memberikan kenyaman serta keamanan dalam perjalanan mudik bersama si kecil, Mothercare Baby Expert Dewi Nopiyanti menjelaskan mengenai pentingnya pemilihan car seat yang tepat dan benar, serta perlengkapan yang harus dibawa ketika bepergian bersama.

“Penggunaan car seat sangat penting karena sabuk pengaman mobil tidak didesain untuk anak-anak, sehingga harus menggunakan pengaman lainnya yang tepat untuk menjaga anak tetap aman,” jelasnya.

Dia menuturkan pemilihan car seat yang tepat pun cukup penting supaya anak 90% terbebas dari cedera fatal saat terjadi kemungkinan fatal seperti kecelakaan terjadi. Oleh karena itu, dia

merekomendasikan beberapa peralatan yang harus dipersiapkan saat bepergian dengan anak di bawah enam bulan. Peralatan yang dimaksud tersebut meliputi push chair dan infant

carrier, changing bag, selimut, mainan, child view mirror, sun canopy/blinds, baby on board, travel cot bassinet, dan baby carrier.

Sementara peralatan untuk anak di atas 6 bulan pada umumnya sama, hanya saja yang berbeda adalah mengganti pushchair dan infant carrier dengan kombinasi car seat dan compact/umbrella stroller. Dia mengatakan pemilihan car seat yang tepat dapat ditentukan berdasarkan berat badan anak.

Lantas sudah siapkah anda mudik?. Cek lagi daftar yang dirangkum berikut ini agar perjalanan mudik bersama anak menjadi aman dan menyenangkan.

Bijak menentukan waktu

Tentukan waktu bepergian dengan bijak. Hal ini dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan jam tidur dan makan anak. Selain itu jalur mudik pasti akan macet sehingga perjalanan menjadi lebih lama dan terasa melelahkan.

Selalu berhati-hati dan tidak menunda waktu istirahat. Jika berkendara melalui darat, bisa berhenti dengan jelang waktu setiap dua jam, sehingga anak tidak terlalu capek dan terpaksa

melanjutkan perjalanan.

Siapkan car seat atau booster untuk anak-anak

Sabuk pengaman yang ada di mobil tidak dirancang untuk menopang tubuh anak. Maka, penting bagi orang tua untuk menyiapkan car seat agar mereka tetap aman.

Penggunaan car seat akan mengurangi risiko cedera fatal saat terjadi kecelakaan. Pilih yang sesuai dengan usia, berat, dan tinggi badan anak.

Selain itu pilihlah kereta dorong (stroller) yang tepat untuk bepergian dengan spesifikasi yang ringan, mudah dilipat, sesuaikan dengan ukuran kabin/bagasi. Namun yang paling penting harus disesuaikan dengan umur anak.

Bawalah peralatan yang dapat memudahkan Anda

Persiapkan beberapa kebutuhan mandi anak dengan membawa produk toiletries travel pack agar memudahkan sang Ibu saat mengganti popok atau mengganti pakaian anak di perjalanan.

Persiapkan dan bawalah pula alas tidur (travel cot) yang nyaman untuk anak. Pilihlah produk yang ringan dan fleksibel untuk dipindahkan dari kendaraan maupun tempat tujuan.

Mainan anak

Siapkan mainan bagi anak saat bepergian, hal ini berguna untuk mengalihkan fokus anak agar

tidak bosan dengan perjalanan berjam-jam. Tentu saja pilih mainan yang bersifat edukatif .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini