Selain Harley Davidson, Produsen Jack Daniels Juga Putar Otak Atasi Perang Dagang

Bisnis.com,26 Jun 2018, 07:31 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Selain Harley Davidson, perang tarif perdagangan juga memaksa merek asal AS lainnya memutar otak, termasuk produsen merk minuman beralkohol Jack Daniel, Brown-Forman Corp../.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Selain Harley Davidson, perang tarif perdagangan juga memaksa merek asal AS lainnya memutar otak, termasuk produsen merk minuman beralkohol Jack Daniel, Brown-Forman Corp.

DIlansir Bloomberg, Brown-Forman Corp, yang juga memproduksi Woodford Reserve dan minuman beralkohol lainnya, harus menaikkan harga untuk produk wiski yang dijual di Uni Eropa menyusul penerapan tarif impor 25%, menurut juru bicara perusahaan Phil Lynch.

Harga yang lebih tinggi, yang katanya terutama akan memengaruhi merek Jack Daniel, akan menyebabkan harga ke pelanggan akhir meningkat sekitar 10%.

Lynch tidak mengatakan apa efek kenaikan harga akan terjadi terhadap penjualan Eropa karena perusahaan masih terus berinvestasi untuk mengembangkan pasar wiski asal AS di Uni Eropa.

Saham Brown-Forman jatuh ke level terendah dalam hampir tujuh bulan terakhir pada perdagangan Senin. Sementara itu, saham Harley Davidson, yang berencana memindahkan pabrik dari AS ke luar negeri, turun 6%.

Harley-Davidson Inc mengatakan akan memindahkan produksi sepeda motor yang dikirim ke Uni Eropa ke fasilitas internasionalnya. Diperkirakan bahwa tarif yang dikenakan Uni Eropa akan merugikan perusahaan US$90 juta hingga US$100 juta per tahun.

Tarif impor Uni Eropa hanyalah pukulan terbaru yang dihadapi Brown-Forman dan Harley akibat imbas kebijakan perdagangan Trump. Setahun setelah Trump menarik AS keluar dari kesepakatan perdagangan Trans-Pasifik pada Januari 2017, Harley mengumumkan akan menutup pabriknya di Kansas City, Missouri, dan menggabungkan produksi di York, Pennsylvania, yang mengakibatkan sekitara 260 tenaga kerja di-PHK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini