PILGUB JATIM 2018: Head to Head Berebut Suara Santri dan Nasionalis

Bisnis.com,26 Jun 2018, 12:44 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan)-Puti Guntur Soekarno (kedua kiri) mengepalkan tangan saat mendaftar di Kantor PDI Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1). Pasangan Saifullah Yusuf -Puti Guntur Soekarno maju sebagai Cagub-Cawagub Jawa Timur yang diusung oleh PKB, PDI-P, PKS dan Gerindra. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ketatnya persaingan di Jawa Timur terlihat dari hasil survei yang berbeda-beda sebagaimana juga terjadi di Sumut. Lembaga survei Poltracking Indonesia melaporkan keunggulan Khofifah berdasarkan hasil survei yang berlangsung pada 18-22 Juni.

Khofifah-Emil unggul tipis dari Gus Ipul dengan raihan 51,8% suara. Sedangkan Gus Ipul-Puti hanya meraih 43,5% suara. Survei itu dilakukan dengan mengambil sebanyak 1.200 sampel dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan margin of error sebesar 2,8%.

Sedangkan, lembaga survei Indo Barometer menyebutkan elektabilitas pasangan calon Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno mencapai 45,2%. Angka ini lebih tinggi daripada perolehan angka elektabilitas pasangan Khofifah-Emil yang hanya sebesar 39,5%.

Survei tersebut dilaksanakan di 38 kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur. Jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,46% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini