Benarkah Harga Rumah di Indonesia Lebih Murah dari Filipina?

Bisnis.com,03 Agt 2018, 00:45 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Properti mewah di Ubud, Bali./Antara-Dewa Wiguna

Bisnis.com, JAKARTA— Berdasarkan hasil survei dari portal properti global Lamudi, ternyata harga rumah di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan beberapa negara bekembang di benua Asia dan Amerika.

Lamudi mencatat meskipun angka kekurangan rumah di Indonesia cukup tinggi yakni 13,5 juta, ternyata harga rumah di Indonesia menjadi salah satu yang termurah di negara-negara berkembang. Berdasarkan hasil survey Lamudi, rata rata harga rumah termurah di Indonesia mencapai Rp144 juta dengan mayoritas pencarian rumah berada di wilayah Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung dan Yogyakarta.

Bahkan contohnya jika dibandingkan dengan di Filipina, rata-rata harga rumah termurah di sana mencapai Rp357 juta. Berikut ini adalah harga rumah termurah di berbagai negara berkembang di kawasan Asia dan Amerika.

Meksiko

Meksiko, adalah salah satu negara berkembang di benua Amerika, negara yang memiliki jumlah populasi mencapai 121 juta penduduk tersebut menjadi salah satu penghasil minyak bumi di dunia, selain itu sekor pertanian dan parawisata juga menjadi tumpuan perekonomian Meksiko. Dari sektor properti, perkembangan bisnis properti di Meksiko pun saat ini sedang menunjukkan tren yang positif, berdasarkan data dari Global Property Guide tahun 2015 harga rumah di Meksiko baik 6.38%. Sementara rata-rata harga rumah termurah dengan dua kamar tidur di Meksiko mencapai Rp560 juta.

Filipina

Perubahan ekonomi Filipina merubah kondisi bisnis perumahan di sana. Belakangan banyak investor asing yang mulai menanamkan modalnya untuk berinvestasi properti di Filipina, sehingga hal ini membuat harga properti di sana ikut terkerek. Rumah termurah dengan dua kamar tidur di Filipina dijual dengan harga Rp 357 juta. dengan lokasi favorit pencarian rumah berada

Pakistan

Beberapa tahun belakangan, permintaan properti mewah di Pakistan terus meningkat terutama di kota-kota besar seperti Pakistan, seiring dengan masifnya pembangunan infrastruktur di sana. Meningkatnya permintaan properti mewah di Pakistan pun akhirnya membuat harga properti untuk kelas menengah ke bawah ikut naik, rata-rata harga rumah termurah di Pakistan kini Rp540 juta.

Yordania

Di Timur Tengah, Yordania menjadi salah satu negara yang saat ini mengalami perkembangan properti yang cukup baik. Investasi di Yordania lebih banyak terkonsentrasi di real estate, service finansial dan pariwisata. Perkembangan perekonomian di sana akhirnya juga membuat harga-harga properti ikut melonjak naik, termasuk properti kelas bawah yang saat ini sudah mencapai angka Rp1,61 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini