GEMPA LOMBOK: 8.381 Orang Berhasil Dievakuasi dari 3 Gili

Bisnis.com,08 Agt 2018, 17:49 WIB
Penulis: Muhammad Ridwan
Sejumlah wisatawan mancanegara menuruni kapal cepat ketika tiba di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8). Sedikitnya 700 orang wisatawan bersama warga setempat dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno menuju Pelabuhan Bangsal mengantisipasi terjadinya gempa susulan./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Evakuasi yang dilakukan di 3 gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, dinyatakan selesai.

Kepala Pusat Data dan Informasi Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, evakuasi selesai pada Selasa (7/8/2018) sore.

“Evakuasi di 3 gili semua sudah selesai. Sebanyak 8.381 wisatawan baik asing, domestik, dan warga sudah dievakuasi selesai tanggal 7 Agustus 2018 pukul 15.00 WIB,” ujarnya di kantor Pusat BNPB, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

“Evakuasi dilakukan, dipimpin oleh Basarnas dengan mengerahkan 13 kapal. Sebanyak 8381 jiwa, semuanya dalam kondisi selamat, tidak ada yang luka-luka maupun meninggal,” lanjut Sutopo.

Sutopo menambahkan, dari jumlah wisatawan yang dievakuasi, wisatawan negara asing lebih banyak dalam jumlah tersebut.

“Lebih banyak wisatawan asing yang dievakuasi dari 3 gili tersebut, selain itu pemilik dan pekerja resort juga dievakuasi,” ujarnya.

Basarnas menyisir 3 gili tersebut menggunakan helikopter dan penyisiran di darat dilakukan oleh tim SAR untuk melihat apakah masih ada korban di 3 gili tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini