Ditopang Optimisme Perdagangan AS-China, Indeks Stoxx Ditutup Menguat

Bisnis.com,21 Agt 2018, 06:32 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Indeks Stoxx 600/Reuters

Bisnis.com JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada akhir perdagangan Senin (20/8/2018), di tengah harapan bahwa Amerika Serikat dan China akan menemukan kesepakatan untuk menyelesaikan sengketa perdagangan

Indeks Stoxx Europe 600 dituutp menguat 0,6% ke level 383,23, dengan seluruh pasar saham utama di seluruh Eropa juga berakhir di wilayah positif.

"Prospek bahwa adanya eskalasi (perang perdagangan AS-China) yang masih kecil telah mendorong beberapa investor untuk secara bertahap melangkah kembali ke pasar," ungkap analis CMC Markets, Michael Hewson, seperti dikutip Reuters.

Di tengah lingkungan "risk-on", sektor bahan baku dan tambang menjadi sektor yang paling menopang bursa Eropa setelah masing-masing menguat 0,9%.

Di antara saham-saham yang berkinerja paling baik pada perdagangan Senin adalah ArcelorMittal yang menguat 2,5% sekaligus mendorong indeks CAC 40 Prancis. Sementara itu, saham Evraz yang terdaftar di bursa saham Ingris naik 2,8%.

Di sisi lain, emiten infrastruktur Italia, Atlantia turun 4,7% karena spekulasi apakah pemerintah akan mencabut konsesi jalan tol yang dipegang oleh unit usahanya, Autostrade per l'Italia, setelah jatuhnya jembatan Genoa pekan lalu.

Emiten perangkat lunak Inggris Sage turun 7% setelah penurunan peringkat oleh Deutsche Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini