Perbaiki 2 Pelabuhan di NTB, Kemenhub Realokasi Anggaran

Bisnis.com,23 Agt 2018, 18:49 WIB
Penulis: Sri Mas Sari
Wisatawan mancanegara meninggalkan Pelabuhan Bangsal usai dievakuasi dari Gili Trawangan di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8). Sedikitnya 700 orang wisatawan bersama warga setempat dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno menuju Pelabuhan Bangsal mengantisipasi terjadinya gempa susulan. /Antara
Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan merealokasi anggaran 2018 dari sejumlah pos untuk mendanai perbaikan dua pelabuhan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang rusak akibat gempa bumi. 
 
Direktur Kenavigasian Kemenhub Sugeng Wibowo mengatakan gempa telah menyebabkan sejumlah kerusakan infrastruktur perhubungan laut, khususnya di Pelabuhan Pamenang dan Carik, Lombok Utara.
 
Di Pelabuhan Pamenang, terjadi kerusakan gedung kantor, gedung terminal penumpang ambruk, kerusakan causeway, dan dermaga. Sementara di Pelabuhan Carik, beberapa fasilitas pelabuhan, seperti dermaga, terminal penumpang, gedung kantor, dan gudang, rusak. 
 
Kemenhub akan merealokasi anggaran 2018 untuk merehabilitasi fasilitas pelabuhan yang rusak. Berdasarkan informasi awal dari kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Pamenang, nilai kerusakan infrastruktur diestimasi lebih dari Rp2 miliar. 
 
"[Dana rehabilitasi] diambil dari kumpulan dana realokasi masing-masing direktorat atau UPT [unit pelaksana teknis]," kata Sugeng saat dihubungi, Kamis (23/8/2018).
 
Sekalipun rusak, menurut Sugeng, kedua pelabuhan masih beroperasi dan pelayanan publik tetap berjalan dengan segala keterbatasan. Namun, dia menjamin unsur keselamatan tetap diutamakan. 
 
Kemenhub, tutur Sugeng, akan mengupayakan perbaikan secepat mungkin. 
 
"Kami menunggu proses revisi anggaran. Kalau bisa, tahun anggaran ini, September atau Oktober," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini