Tajikistan Sikat Korut, Ikuti Jepang Lolos ke Piala Dunia U-17

Bisnis.com,30 Sep 2018, 22:26 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Timnas Tajikistan U-16./fft.tj

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Tajikistan U-16, yang di sepak bola Asia bukanlah termasuk nama mentereng, secara mengejutkan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 tahun depan di Peru, setelah menang adu penalti di 8 besar Piala Asia U-16 atas Korea Utara.

Dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-16 di Stadion Petaling Jaya di Petaling Jaya, kota satelit Kuala Lumpur, Malaysia, pada Minggu (30/9/2018) malam, kedua tim bermain imbang 1 – 1 selama 2 x 45 menit.

Rustam Soirov lebih dahulu membawa Tajikistan unggul pada menit ke-14, tetapi Korut mampu menyamakan kedudukan menjuadi 1 – 1 pada menit ke-69 melalui kontribusi Ri Hun.

Skor imbang bertahan hingga wasit Ammar Mahfoodh (Bahrain) mengakhiri pertandingan. Tidak ada perpanjangan waktu dan langsung dilakukan adu penalti dan Tajikistan berhasil menang 4 – 2.

Kemenangan Tajikistan ini sangat mengejutkan, mengingat mereka mengawali turnamen ini dengan kekalahan telak 2 - 6 dari tuan rumah Malaysia di Grup A. Namun, ternyata kemudian Malaysia justru kandas di fase grup sebagai juru kunci Grup A setelah dikalahkan Thailand dan Jepang.

Sebaliknya, Tajikistan lolos ke 8 besar sebagai runner up Grup A setelah menang atas Thailand dan menahan imbang Jepang.

Dengan mengalahkan Korut, Tajikistan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 tahun depan karena memang semua semifinalis Piala Asia U-16 2018 ini mewakili Asia ke perhelatan di Peru tersebut.

Sebelumnya Jepang telah memastikan satu tempat di Peru dan juga di semifinal setelah mengalahkan Oman 2 – 1.

Di semifinal, Tajikistan akan berhadapan dengan pemenang 8 besar antara Korea Selatan dan India, sedangkan Jepang akan bertemu pemenang Indonesia versus Australia.

Pertandingan Indonesia versus Australia dan Korsel versus India dijadwalkan berlangsung pada Senin (1/10/2018). Pemenangnya akan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini