Arab Saudi Juara Piala Asia U-19, Skor 2 - 1 vs Korsel

Bisnis.com,04 Nov 2018, 23:00 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Arab Saudi tampil sebagai juara Piala Asia U-19 setelah mengalahkan Korsel 2 - 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (4/11/2018) malam./Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – Arab Saudi akhirnya tampil sebagai juara Piala Asia U-19 setelah dalam pertandingan final pada Minggu (4/11/2018) malam menundukkan Korea Selatan dengan skor 2 – 1.

Saudi membuka keunggulan saat laga di Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dipimpin wasit Thailand Sivakorn Puudom baru berjalan 2 menit lewat Turki Al-Ammar.

Berselang 20 menit kemudian, Saudi menggandakan keunggulan melalui Khalid Al-Ghannam. Skor 2 – 0 untuk Saudi bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Korsel mencoba bangkit, tetapi hanya bisa melesakkan sebiji gol melalui Cho Young-wook dari titik penalti pada menit ke-64.

Ini merupakan gelar ketiga di Piala Asia U-19 bagi Arab Saudi. Dua gelar terdahulu mereka raih pada edisi 1986 dan 1982.

Gelar terbanyak masih menjadi milik Korsel. Anak-anak muda Negeri Ginseng itu telah 12 kali menjadi juara Piala Asia U-16 sejak pertama digelar pada 1959 di Malaya (sekarang Malaysia).

Arab Saudi bukan hanya menjadi juara dalam perhelatan kali ini melainkan juga meraih Fair Play Award. Selain itu, Turki Al-Ammar terpilih sebagai Most Valuable Player.

Saudi dan Korsel, bersama dua semifinalis Jepang dan Qatar, akan mewakili Asia ke putaran final Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini