5 Tantangan Ini Membuat Jack Ma Selalu Kalah

Bisnis.com,15 Nov 2018, 15:48 WIB
Penulis: Stefanus Arief Setiaji
Jack Ma, pendiri e-commerce raksasa dari China, Alibaba, tertawa saat acara di Universitas Tel Aviv, Israel, 3 Mei 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Pendiri Alibaba, Jack Ma yang kekayaannya mencapai US$37,4 miliar, ternyata memang bukan manusia super. Dalam urusan membangun kerajaan teknologi, Jack Ma mungkin memang jagonya.

Akan tetapi, dalam urusan dengan para staf yang bersentuhan langsung dunia bisnis, Jack Ma rupanya tidak ada apa-apanya. Setidaknya itu terekam dari video berdurasi 5 menit dan 26 detik yang semapt ditayangkan jelang pembukaan Global Shopping Festival, beberapa waktu lalu.

Dalam video itu, Jack Ma menerima lima tantangan. Dia harus melawan Hu Meiju, seorang perempuan tenaga pengepakan barang profesional yang bisa melakukan packing barang sebanyak 50 pack dalam waktu 15 menit.

Dalam tantangan itu, Hu Meiju bisa menyelesaikan 15 pack, sedangkan Jack Ma hanya 6 pack.

Lalu, tantangan kedua adalah sesi foto. Jack Ma harus menantang An Tiantian, seorang model fesyen yang bisa melakukan 30 pose foto hanya dalam waktu 15 detik.

Saat sesi pemotretan dimulai, An Tiantian menuntaskan 30 pose dalam 15 detik, sedangkan Jack Ma hanya 6 pose foto saja.

Tantangan berlanjut melawan Li Jiaqi seorang vlogger yang bisa menjual hampir 15.000 lipstik dalam waktu 15 menit selama livestreaming. Hasilnya? Li mampu menjual 1.000 lipstik, sementara itu Jack Ma hanya bisa menjual 10 lipstik.

Adapun tantangan keempat yakni mengikat kepiting. Kali ini, Jack Ma berhadapan dengan Yin Fuying yang punya pengalaman 40 tahun sebagai pengikat kepiting. Fuying mampu mengikat satu ekor kepiting dalam waktu 8 detik.

Saat tantangan dimulai, Jack Ma berhasil mengikat tiga ekor kepiting, sedangkan Fuying menyelesaikan 16 ekor.

Tantangan terakhir Jack Ma adalah mengirim barang melawan Xiao Qidong seorang pengantar barang yang memiliki nilai bintang lima. Rata-rata dalam sehari, Qidong mengirim 200 pak barang.

Meski dari lima tantangan itu Jack Ma selalu kalah, ada pesan tersurat dari Jack Ma bahwa setiap orang bisa menang dalam satu pertandingan. Tapi bagi yang kalah, semuanya adalah pelajaran. Mereka harus banyak belajar dari kekalahan.

Kekalahan akan membuat seseorang menjadi lebih kuat. Hal itu pula yang ditanamkan Jack Ma membangun bisnis dan bermitra dengan para mitra bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Stefanus Arief Setiaji
Terkini
'