Kunjungan Wisatawan Global Tumbuh 5% per Kuartal III/2018

Bisnis.com,29 Nov 2018, 12:07 WIB
Penulis: Annisa Margrit
Oedo Fukagawa Sakura (Cherry Blossoms) Festival di Koto, Prefektur Tokyo, Jepang./Koto City Tourism Association-JNTO

Bisnis.com, JAKARTA – Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara secara global tercatat tumbuh 5% secara year-on-year (yoy) dalam periode Januari-September 2018.

Kawasan Asia Pasifik membukukan kenaikan tertinggi dengan 7%, diikuti oleh Eropa dan Timur Tengah yang masing-masing naik 6%, Afrika 5%, dan Amerika 3%.

Hal ini disampaikan United Nations World Tourism Organization (UNWTO), badan PBB yang mengurus isu pariwisata, seperti dikutip Bisnis, Kamis (29/11/2018). Adapun laporan tersebut dirilis pada Rabu (28/11).

“Meski ada perlambatan pertumbuhan antara Juli-September 2018, UNWTO memperkirakan destinasi wisata di seluruh dunia menerima 1,08 miliar pengunjung internasional hingga kuartal III/2018, meningkat 56 juta dari periode yang sama tahun lalu,” papar laporan tersebut.

Realisasi pertumbuhan 5% ini juga sejalan dengan proyeksi UNWTO untuk 2018, yang antara 4%-5%. Periode sembilan  bulan pertama tiap tahun biasanya mencakup sepertiga total kunjungan internasional.

Pertumbuhan tingkat kunjungan juga dibarengi dengan naiknya pengeluaran rata-rata wisatawan. Rusia menjadi negara dengan tingkat pengeluaran tertinggi, yakni mencapai 15%.

Inggris dan Prancis sama-sama berada di posisi kedua dengan kenaikan 10%.

Adapun wisatawan  China menekan tingkat pengeluarannya di tengah pelemahan yuan, terutama pada semester I/2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini