Mendagri: Potensi Daerah Jadi Kekuatan Sekaligus Ancaman Kedaulatan Negara

Bisnis.com,14 Des 2018, 01:15 WIB
Penulis: Rayful Mudassir
Mendagri Tjahjo Kumolo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan seluruh daerah di Indonesia memiliki potensi yang perlu digali.

Kendati demikian, potensi setiap daerah menjadi sumber kekuatan sekaligus ancaman kedaulatan negara jika tidak dikelola dengan baik.

“Pengelolaan potensi sumberdaya kelautan masih perlu ditingkatkan secara terus-menerus, seperti meningkatkan kontribusi sektor kelautan terhadap pendapatan Negara” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (13/12/2018).

Menurut Tjahjo berbagai tantangan di dalam negeri terus dihadapi seluruh elemen. Tantangan yang perlu mendapat perhatian lainnya seperti pencemaran laut, sebagai salah satu masalah lingkungan yang dihadapi saat ini. 

Sering kali hal itu disebabkan oleh aktivitas atau kegiatan manusia, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

“Kesungguhan pemerintah dalam memperhatikan sektor kelautan dan maritim tidak perlu diragukan lagi," ujar Tjahjo.

Ia menegaskan selama ini kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudra, dan memunggungi selat dan teluk.

Lebih lanjut dia menyebut dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pembangunan kelautan sangat berperan penting sebagai pembuat kebijakan dan penggerak roda pembangunan. "Terutama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir."

Di sisi lain, Mendagri menyebutkan seluruh warga perlu memberikan perhatian bersama dalam mengoptimalkan potensi kelautan.

Pertama, koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas kebijakan seluruh institusi.

Kedua, mempercepat pembangunan Infrastruktur kelautan.

Ketiga, perlu penegakan kebijakan di bidang konservasi habitat biota laut dalam pengembangan pemanfaatan potensi di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia.

Hal tersebut berkaitan erat dengan peran laut terhadap adaptasi dan mitigasi bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini