ELSA & Schlumberger Kerja Sama Servis Hulu

Bisnis.com,14 Des 2018, 06:03 WIB
Penulis: Hafiyyan
Elnusa/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan jasa energy PT Elnusa Tbk. (Elnusa) menandatangani kerja sama dengan Schlumberger untuk mengoptimalisasi kompetensi dan sumber daya (resources) dalam jasa hulu migas terintegrasi.

Bentuk perjanjian yang disepakati adalah Master Cooperation Agreement (MCA) dan Wireline Master Service Agreement (Wireline MSA) selama lima tahun. Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung oleh Dharmawan Samsu, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), pada Senin (10/12).

“Perjanjian ini merupakan perpanjangan kerja sama,” tutur Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan saat dihubungi Bisnis.

Direktur Utama Elnusa Tolingul Anwar menyatakan, ada tiga tujuan besar yang hendak dicapai dalam kerja sama ini, yaitu peningkatan kapasitas nasional dalam servis hulu migas, alih teknologi yang ada di dalamnya, serta berbagi peluang dan risiko untuk meningkatkan pertumbuhan bersama.

“Untuk mencapai hal ini, partnership sangat dibutuhkan dalam mempercepat agilitas kinerja di era saat ini,” paparnya dalam siaran pers.

Elnusa dan Schlumberger menyetujui lima lini servis kerja sama dalam MCA, yaitu reservoir characterization, pengeboran dan produksi minyak, surface production serta integrated services. Sebagai langkah awal, kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkannya dengan penandatangan wireline MSA.

Menurutnya, Pertamina saat ini mendapatkan kesempatan mengelola beberapa wilayah kerja migas yang telah habis masa kontraknya. Tentunya pengelolaan ini membutuhkan kontraktor jasa, dan Elnusa berharap akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar dalam rangka sinergi Pertamina Group.

Adapun, Schlumberger memiliki teknologi dan resources yang bisa dioptimalkan. Oleh karena itu, kerja sama akan saling menguntungkan.

Managing Director Schlumberger Ronny Hendrawan menyampaikan, kerja sama perusahaan dengan Elnusa telah terjalin selama 33 tahun. Hal ini akan diperkuat lagi untuk terus memaksimalkan recovery lapangan-lapangan migas, dan mendukung program pemerintah dalam mencari “Giant Fields” di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini