Menkop UKM: Pelaku UKM Adalah Tulang Punggungnya Ekonomi Indonesia

Bisnis.com,15 Des 2018, 13:26 WIB
Penulis: Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Menkop UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga saat membuka acara Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo, di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar Timur, Bali, Sabtu (15/12/2018)./Bisnis-Faiza

Bisnis.com, BALI - Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan bahwa pelaku usaha kecil dan menengah merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

"Jangan berkecil hati, [pelaku UKM] juga pengusaha, malah UKM itu jadi back bone-nya ekonomi Indonesia, back bone loh, tulang punggung," ungkap Puspayoga saat membuka acara Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo, di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar Timur, Bali, Sabtu (15/12/2018).

Puspayoga menuturkan mengingat masa krisis ekonomi pada 1998 dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami minus sampai 13%, dia mengatakan apabila tidak ada UKM yang berjalan pada waktu itu maka Indonesia bisa saja menjadi bangkrut.

"Tapi dengan adanya UKM, dalam waktu empat tahun [pertumbuhan ekonomi Indonesia] recovery kembali," lanjutnya.

Mengingat hal tersebut, Puspayoga berharap para pelaku UKM di seluruh Indonesia saat ini agar memotivasi teman dan keluarga terdekatnya untuk mau menjadi wirausaha.

"Dengan new era-nya entrepreneur sekarang, harus [mau] menjadi pengusaha, karena sekarang [sistem penjualannya] dimudahkan dimanjakan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini