Sambut Tahun Baru, Muslim di NTT Diimbau Hindari Miras

Bisnis.com,31 Des 2018, 00:00 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi minuman keras (miras)./Antara-Wahdi Septiawan

Bisnis.com, KUPANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nusa Tenggara Timur mengimbau umat Islam di provinsi itu menghindari pesta minuman keras dalam menyambut malam pergantian tahun pada 31 Desember 2018.

"Kami mengimbau umat muslim di NTT agar pada momen pergantian tahun ini menjauhi miras atau khamar apalagi untuk hura-hura dan maksiat," kata Ketua MUI NTT Abdul Khaidir Makarim di Kupang pada Minggu (30/12/2018).

Dia meminta agar umat Islam di provinsi itu tetap menjaga keamanan dan ketertiban di tengah euforia perayaan malam tahun baru. Menurut dia, momentum pergantian tahun sebagai kesempatan berefleksi untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui shalawat, dzikir, dan muhasabah.

"Silakan umat muslim memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan ibadah dengan khusyuk di masjid atau musala," tuturnya.

Makarim juga meminta umat Islam setempat agar tidak menyalahkan kembang api, petasanm ataupun sejenisnya yang bisa mengancam keselamatan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Selain itu, tidak perlu melakukan pawai kendaraan atau semacamnya yang mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar.

Pada prinsipnya, pihaknya menginginkan agar umat Islam setempat tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan persatuan dan kesatuan di masyarakat.

"Ini sangat penting diperhatikan agar hubungan antarumat beragama di NTT yang selama terpelihara dengan baik tetap terawat sehingga masyarakat tetap hidup dalam keharmonisan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini