Sandra Oh Ukir Sejarah di Golden Globes 2019, Asia Bergemuruh

Bisnis.com,07 Jan 2019, 14:31 WIB
Penulis: Renat Sofie Andriani
Sandra Oh saat terima Golden Globes Awards 2019/goldenglobes.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perhelatan Golden Globes 2019 pada Minggu (6/1/2019) waktu setempat atau Senin (7/1/2019) pagi WIB layak menjadi momen membanggakan bagi warga Asia, khususnya aktris Sandra Oh.

Oh menjadi wanita Asia pertama yang didaulat menjadi pemandu acara insan perfilman bergengsi tersebut. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, Oh menyerukan keberagaman di depan seluruh mata yang memandangnya.

Dalam monolog pembuka, bintang “Grey’s Anatomy” ini memuji ‘wajah-wajah perubahan’ yang ia lihat di Hollywood.

“Saya mengiyakan melawan ketakutan untuk berada di panggung ini malam ini karena saya ingin melihat kalian para penonton dan menyaksikan momen perubahan ini,” kata Oh dalam monolognya, seperti dilansir dari BBC.

“Tahun depan bisa berbeda, tetapi saat ini momen ini nyata. Karena saya melihat kalian, semua wajah perubahan ini. Dan kini semua orang juga akan [melihatnya],” lanjutnya.

Kejutan lebih besar muncul ketika Oh kemudian memenangkan penghargaan untuk Aktris Terbaik dalam Drama TV melalui serial drama “Killing Eve”. Ia menjadi orang Amerika-Asia pertama yang merebut penghargaan ini dalam hampir 40 tahun.

Gemuruh para hadirin menggema di ruang Beverly Hilton, California, menyambut wanita berdarah Korea Selatan ini ketika dalam sebuah pidato yang menyentuh ia berterima kasih kepada kedua orangtuanya dengan bahasa Korea dan membungkuk kepada mereka.

“Ibu, ayah.. aku mencintai kalian,” ungkap Oh sebelum membungkuk di depan kedua orangtuanya yang dengan penuh haru melihatnya dari barisan kursi hadirin.

Dengan kemenangan ini, ia juga mengukir sejarah lain dengan menjadi aktris Asia pertama yang telah memenangkan dua piala Golden Globes. Kemenangan pertama diraihnya pada 2016 melalui serial “Grey’s Anatomy”

Warga Asia di seantero dunia sontak ramai-ramai merayakan kemenangannya di media sosial, momen penting bagi perwakilan Asia di Hollywood. Ada yang menangis penuh suka cita ada pula yang menyebut ucapan Oh sebagai hal yang indah.

Tapi Oh bukan satu-satunya kemenangan untuk keberagaman di Hollywood dalam acara ini. Pelakon serial “Glee”, Darren Criss, yang memenangkan Aktor Terbaik dalam seri terbatas melalui film "The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story" dengan bangga menyanjung ibunya. 

“Tahun ini adalah tahun yang luar biasa untuk perwakilan. Saya sangat bangga menjadi bagian dari hal ini sebagai putra seorang wanita asal Filipina yang bermimpi datang ke negara ini,” tegas Criss dalam pidatonya.

“Ibu, aku tahu kau sedang menonton. Aku persembahkan [penghargaan] ini untukmu.” Perkataan Criss juga disambut meriah oleh netizen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini