Butuh Tenaga Terampil, Australia Utara Buka Peluang Warga Asing Bekerja

Bisnis.com,08 Jan 2019, 15:58 WIB
Penulis: Surya Rianto
GM ABCD School of Coffee Willyanto (dari kiri) berbincang dengan Counsellor Public Diplomacy Kedubes Australian Jakarta Nicholas Kittel, SVP Consumer Deposits Bank Mandiri Muhamad Gumilang dan Co Founder ABCD School of Coffee Hendri Kurniawan sebelum konferensi pers jelang perhelatan Jakarta Cofee Week (Jacoweek) 2018 di Jakarta, Selasa (18/9)./ Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah kawasan Australia Utara membuka peluang warga negara asing untuk bekerja di sana. Nantinya, para warga asing itu bisa mengajukan permohonan penduduk tetap Negeri Kangguru tersebut.

Program itu menjadi bagian dari perjanjian Designated Area Migration Agreement (DAMA) kedua antara pemerintah Australia bagian utara dengan Pemerintah Federal Australia.

Kepala Pemerintah Northern Territory Chief Minister Michael Gunner mengatakan, kawasan Australia Utara memiliki sejarah panjang bagi warga asing. Mereka menjadi kontributor utama kemajuan ekonomi, peningkatan penduduk, dan keragaman sosial.

"Perjanjian baru ini akan membantu migrasi warga asing terus berlanjut," ujarnya seperti dikutip dari ABC.net.au pada Selasa (8/1/2019).

Perjanjian DAMA kedua itu berlaku sejak 1 Januari 2019.

Menteri Imigrasi Australia David Coleman mengatakan, pihaknya selalu memprioritaskan pekerja warga Australia. Namun, sistem imigrasi dengan merekrut warga asing sebagai pekerja bisa menolong kawasan terpencil dari kesenjangan ketrampilan.

Sebelumnya, Pemerintah Australia bagian utara dengan Pemerintah Federal Australia telah mengidentifikasi ada kekurangan 117 bidang pekerjaan. Alhasil, pemerintah Negeri Kangguru itu memperbolehkan rekrut warga asing, jika tidak dapat menemukan tenaga kerja lokal.

Di sisi lain, pemerintah kawasan Australia Utara menyatakan keinginannya untuk menambah jumlah penduduk dengan pekerja terampil.

Nantinya, warga asing itu bisa mengajukan permohonan sebagai penduduk tetap Australia. Hal itu bisa dilakukan jika bidang pekerjaan sudah ditentukan dan sudah berada tiga tahun di Australia bagian utara.

Berikut ada 117 jenis pekerjaa yang dibutuhkan di kawasan Australia Utara :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Surya Rianto
Terkini