Wifi di Penerbangan Citilink, Mahata Pastikan Koneksinya Wus Wus

Bisnis.com,16 Jan 2019, 18:21 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Penari berpaikan khas Timor Leste membawakan Tari Lezevall untuk menyambut kedatangan penerbangan perdana Citilink Indonesia Jakarta-Dili di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili, Timor Leste, Jumat (12/5)./Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, TANGERANG -- PT Mahata Aero Teknologi meminimalkan gangguan akibat cuaca terhadap fasilitas wifi gratis dalam pesawat Citilink Indonesia.

Presiden Direktur Mahata M. Fitriansyah mengatakan telah menggunakan teknologi tercanggih GX Aviation Sistem dari Inmarsat Aviation, yakni layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

"Memang kami menyadari Indonesia adalah negara tropis, curah hujan tinggi, dan banyak awan tebal. Teknologi canggih yang kami miliki bisa meminimalisasi gangguan," kata Fitriansyah, Rabu (16/1/2019).

Dia menambahkan fasilitas wifi sudah diuji coba selama lima hari sejak 8 Januari 2019. Pemakaian rata-rata penumpang hanya mencapai 20--25 Mb, tetapi dengan kondisi hanya 81% dari total kapasitas seat yang menggunakan wifi gratis.

Dia menjelaskan kecepatan data akan berkisar antara 3--50 Mbps. Hal tersebut akan menyesuaikan pada kondisi penerbangan dan ketinggian pesawat.

Fitriansyah menjelaskan layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

Penumpang Citilink, lanjutnya, bisa mengakses data internet hingga 50 MB selama penerbangan. Wifi akan diaktifkan sesaat setelah pesawat dalam keadaan stabil di udara (cruise) dengan ketinggian minimal 10.000 kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendra Wibawa
Terkini