DEBAT CAPRES 2019: PoliticaWave Nilai Jokowi Kuasai Medsos pada Debat Pertama

Bisnis.com,18 Jan 2019, 12:21 WIB
Penulis: Herdiyan
Capres nomor urut 01 Joko Widodo berswafoto dengan pendukungnya saat jeda Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Survei media sosial PoliticaWave menyebut bahwa pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, mengungguli pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga dalam hal percakapan di media sosial.

Pernyataan PoliticaWave ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama proses debat perdana capres dan cawapres pada Kamis malam (17/1/2019).

“Secara keseluruhan, paslon nomor 01 mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 55% berbanding 45%,” ujar Founder of PoliticaWave Yose Rizal dalam keterangan resminya, Jumat (18/1/2019).

Dalam percakapan tersebut, Yose Rizal juga menganalisis sentimen komentar netizen di media sosial terkait kedua paslon tersebut.

Yose menyebut, paslon Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82% dan sentimen negatif sebesar 18%. Sedangkan Prabowo-Sandi meraih 76% sentimen positif dan 24% sentimen negatif.

Berdasarkan data yang diterima, paslon Jokowi-Ma'ruf menguasai seluruh segmen dalam debat perdana. Yose juga menambahkan, pada saat segmen 2 yang sedang membahas tema Hukum dan HAM, Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen posifif sebesar 88%.

“Jokowi-Ma'ruf meraih percakapan positif terbesar di segmen 2 dikarenakan pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoaks,” tambah Yose Rizal.

Debat kedua capres-cawapres akan berlangsung pada 17 Februari 2019 mendatang. Masing-masing paslon akan kembali memaparkan visi-misi serta gagasannya untuk tema energi-pangan, sumber daya alam (SDA)-lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdiyan
Terkini