Rp1,4 Triliun, Frenkie de Jong Resmi Milik Barcelona, Dikontrak 5 Tahun

Bisnis.com,24 Jan 2019, 01:21 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Frenkie de Jong bersama Presiden klub FC Barcelona Josep Maria Bartomeu setelah meneken kontrak berdurasi 5 tahun./Twitter@jmbartomeu

Bisnis.com, JAKARTA – FC Barcelona pada Kamis (24/1/2019) dini hari WIB resmi mengumumkan akan bergabungnya Frenkie de Jong dengan mahar transfer awal 75 juta euro (Rp1,2 triliun) dan kerja sama direalisasikan dengan kontrak berdurasi 5 tahun, efektif mulai berlaku awal musim depan.

Gelandang yang masih akan bermain untuk Ajax Amsterdam hingga akhir musim 2018-2019 itu sempat dihubung-hubungkan dengan juara Liga Primer Inggris Manchester City, juara Liga Champions Eropa Real Madrid, dan juara Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain, tetapi akhirnya dia memilih Barcelona.

Barcelona setuju untuk membayar tambahan hingga 11 euro (Rp177,18 miliar)—sehingga totalnya mencapai 86 juta euro (Rp1,4 triliun)—untuk gelandang berusia 21 tahun tersebut, yang membantu Ajax lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa musim ini, tergantung pada penampilannya untuk Barca kelak.

De Jong muncul sebagai talenta muda paling panas di pentas sepak bola Eropa dan Barcelona beruntung bisa memenangi persaingan untuk mendapatkan tanda tangannya.

Gelandang itu memulai karier profesionalnya di klub Willem II dan merupakan jebolan akademi sepak bola klub yang bermarkas di Tilburg tersebut. Dia mendapat kontrak profesional pertama kali pada 2015, tetapi segera hengkang ke Ajax pada tahun yang sama.

Setelah berjuang lebih dahulu di Jong Ajax, tim muda Ajax yang bertarung di Eerste, kompetisi level kedua dalam sistem sepak bola Belanda, pada 2016 dia mulai dipercaya masuk skuat pertama tim ibu kota tersebut.

Dia memiliki lima caps bersama timnas senior Belanda sejak debut pada 9 Juni tahun lalu ketika skuat Oranje Belanda beruji coba melawan Peru. Dalam laga di Amsterdam yang dimenangi Belanda 2 - 1 itu, De Jong masuk awal babak kedua menggantikan Georginio Wijnaldum, saat Belanda tertinggal 0 - 1.

Pemain tengah kelahiran Arkel, Belanda Selatan, itu menjadi boyongan besar ketiga Barcelona pada jendela transfer musim ini setelah Jeison Murillo dari sesama klub La Liga Valencia dan Kevin-Prince Boateng dari kontestan Seria A Sassuolo, keduanya dengan status pinjaman.

Barcelona disebut-sebut bukan hanya memboyong De Jong dari Ajax, tetapi juga bek tengah Matthijs de Ligt, 19 tahun, meskipun belum ada proses konkret mengenai perpindahannya ke klub Katalan tersebut, yang merupakan juara Divisi Primer La Liga Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini