MU Singkirkan Arsenal di Piala FA, Solskjaer Puas dengan Taktiknya

Bisnis.com,26 Jan 2019, 10:32 WIB
Penulis: Newswire
Ole Gunnar Solskjaer/Reuters-Scott Heppell

Bisnis.com, JAKARTA - Taktik Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih interim Manchester United (MU) masih manjur. Klub Setan Merah itu sukses menyingkirkan Arsenal dari babak keempt Piala FA dengan meraih kemenangan 3-1 di Stadion Emirates, London, Inggris, Sabtu (26/1/2019) dini hari WIB.

Mantan bintang Arsenal, Alexis Sanchez, menjadi pencetak gol pembuka keunggulan United di laga tersebut sebelum dilengkapi Jesse Lingard dan Anthony Martial, demikian catatan laman resmi FA. Sementara tuan rumah hanya bisa mencetak satu gol balasan lewat Pierre-Emerick Aubameyang.

Seusai laga itu, Solskjaer setidaknya menyoroti tiga hal.

Pertama, ia mengaku puas dengan taktik serangan balik yang diterapkan timnya. Ia percaya itu bukan kebetulan taktik seperti itu terbukti berhasil, termasuk di semifinal Liga Champions 2009.

"Jika Anda menelaah sejarah dan pertandingan yang kami mainkan melawan Arsenal, itulah yang terjadi," katanya kepada MUTV. "Saya ingat gol yang saya cetak pada 1997 setelah kami bertahan dari sepak pojok. Itu bergerak dari Giggsy [Ryan Giggs] ke Karel [Poborsky] ke Andy [Cole] dan ke saya."

Dua, soal peran Romelu Lukaku. Solskjaer secara mengejutkan menempatkan Romelu Lukaku di sektor kanan tiga penyerang, dengan Lingard bermain sebagai penyerang tengah. Lukaku kemudian memberi dua assist,

Solskjaer mengatakan itu adalah taktik yang dia sukai. "Rom telah bermain di sana untuk Belgia dan Everton," kata dia. "Itu taktik yang bisa kita gunakan dan kita tahu seberapa kuat dia. Dia mengangkat bola dan berlari mencari celah. Itu adalah umpan fantastis untuk gol Alexis. Itu adalah akhir yang bagus."

Ketiga, soal tampilan Lingard yang membuat para pengamat terbelah. Solskjaer memuji pemain itu. "Jesse adalah pemain untuk laga besar," kata dia. "Dia menunjukkan itu untuk Inggris, untuk kita. Dia selalu muncul dengan gol."

Ia mengaku tak pernah ragu menurunkan Lingard. "Dia tahu segalanya tentang klub dan dia seseorang yang akan kami jaga."

Kemenangan atas Arsenal tersebut membuat United menjadi tim kedua yang memastikan langkah mereka ke putaran kelima, setelah Bristol City meraih kemenangan tipis 2-1 atas sesama klub kasta kedua Bolton Wanderers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini