Liliyana Natsir Pensiun Sebagai Atlet Bulutangkis, Butet Bersiap Jadi PNS

Bisnis.com,29 Jan 2019, 12:29 WIB
Penulis: Amanda Kusumawardhani
Liliyana Natsir alias Butet, mantan pemain bulutangkis berswafoto bersama Presiden Joko Widodo dan Menpora Imam Nahrowi saat berkunjung ke Istana Negara di Jakarta, Selasa (29/1/2019). (Amanda Kusumawardhani/Bisnis).

Bisnis.com, JAKARTA - Liliyana Natsir, mantan pemain bulutangkis, mantap menjalani karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah resmi gantung raket pada awal tahun ini.

Liliyana Natsir atau yang akrab disapa Butet ini bahkan membuka peluang untuk membantu memotivasi junior-juniornya jika memang dibutuhkan.

"Setelah ini mungkin jika saya dibutuhkan untuk membantu memotivasi adik-adik, saya siap untuk ke sana," katanya seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (29/1/2010).

Kendati demikian, Liliyana mengungkapkan dukungannya kepada perkembangan olahraga bulutangkis di Tanah Air memang belum mengarah ke profesi pelatih.

"Belum tahu [menjadi pelatih] karena belum kepikiran ke sana karena pelatih pun butuh komitmen untuk totalitas di bulutangkis. Karena saya baru berhenti, saya belum bisa ngomong panjang lebar," jelasnya.

Namun, meski belum mengantongi Nomor Induk Kepegawaian (NIP), dia memastikan jabatannya sebagai PNS akan berada di level pusat.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengemukakan nilai ujian kompetensi dan administrasi Butet ketika mendaftar menjadi PNS cukup mengejutkan.

"Dia itu nilainya bagus sekali. Mungkin banyak yang tidak menduga karena dia banyak di lapangan. Tapi begitu masuk kepada proses seleksi dan ujian kompetensi, ternyata hasilnya sangat luar biasa si Butet," tekannya.

Imam menekankan penerimaan Butet sebagai PNS tidak hanya diukur dari segi administrasi, tetapi juga daya juang dan prestasinya ketika dia bermain di lapangan.

"Tentu nanti [penempatan] di tenaga fungsional kepelatihan dan atlet. Itu yang kami siapkan. Yang pasti Butet istimewa lah," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini