Penerbangan ke Bandung Berkurang, Kunjungan Wisman Turun

Bisnis.com,29 Jan 2019, 09:58 WIB
Penulis: Wisnu Wage Pamungkas
Ilustrasi/Antara
Bisnis.com,BANDUNG—Berkurangnya rute penerbangan internasional ke Bandung berefek pada turunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Barat.
 
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Iwan Darmawan mengatakan kondisi ini mulai terpantau sejak pertengahan 2018 dimana dampak ini paling dirasakan dengan berkurangnya jumlah wisman asal Singapura dan Malaysia.
 
"Angka [penurunan] fix-nya saya belum dapat karena ini bisanya di Januari atau Februari. Dipastikan wisatawan dari Malaysia sama Singapura ada penurunan," paparnya di Bandung, Senin (29/1/2019).
 
Iwan memastikan faktor akses menjadi penyebab utama karena dari sisi minat turis asal Singapura dan Malaysia terbilang tinggi datang ke Jawa Barat khususnya Bandung. Persoalan adanya pengurangan jumlah penerbangan dari dua negara tersebut ke Jawa Barat adalah salah satu sebab.
 
"Seperti Malaysia awalnya tiga sekarang cuma satu [penerbangan sehari] Singapura dari enam kali sekarang hanya satu penerbangan, itu juga baru masuk lagi kan maskapai Garuda kemarin. Itu berpengaruh," paparnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini